Jokowi: Nasib Monorel Adhi Karya di Tangan Kemenhub

Prototype Monorel Milik PT MBW
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan rencana konsorsium BUMN yang dipimpin oleh PT Adhi Karya Tbk untuk menggarap monorel di luar Jakarta Monorail sepenuhnya wewenang pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Jokowi, panggilan akrabnya, menyatakan Adhi Karya akan membangun monorel dengan jalur dari luar kota Jakarta seperti Bekasi dan Tangerang menuju Jakarta. Untuk itu, pembangunan monorel Adhi Karya sudah bukan lagi wewenangnya karena dibangun melintasi berbagai provinsi yang berbeda.
Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik


"Adhi Karya bangun monorel jalur timur ke Barat, itu wewenang Kementerian Perhubungan karena menyangkut Bekasi, Jakarta dan Tangerang," ujar Jokowi di kawasan Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat 29 Maret 2013.


Ia menjelaskan, rencana trayek monorel yang akan dibangun oleh Adhi Karya maupun Jakarta Monorail belum diputuskan, mengingat saat ini belum ada satu pun dari dua perusahaan tersebut menyerahkan dokumen lengkap proyek monorel.


Ia menginginkan agar Jakarta Monorail dan Adhi Karya segera menyerahkan dokumen lengkap agar segera dapat dibangun. Seperti diketahui, Adhi Karya mendapatkan penugasan pemerintah untuk membangun monorel dari Bekasi dan Cibubur menuju Jakarta. Sedangkan Jakarta Monorail akan membangun monorel dalam kota Jakarta.


"
Trase
(garis tengah yang terhubung dalam peta topografi) juga belum ditentukan oleh Kementerian Perhubungan," kata dia. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya