Mengulik Asal Usul Kimchi Lewat Museum

Pulmuone Kimchi Museum
Sumber :
  • visitkorea.or.kr

VIVAlife - Kebudayaan Korea Selatan yang semakin mendunia tidak hanya dari dunia musiknya saja. Penggemar hidangan khas Negeri Ginseng itu pun kian bertambah.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Sajian kimchi, misalnya. Kuliner tradisional Korea Selatan ini begitu disukai di dunia barat. Bahkan istri Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Michelle Obama, turut menggemari makanan khas Korea Selatan tersebut. Michelle diketahui pernah berbagi resep kimchi di akun Twitter miliknya.

Kimchi memang telah menjadi bagian penting dalam kebudayaan kuliner Korea. Hampir setiap hidangan selalu disajikan bersama kimchi sebagai pendamping.

Kimchi sendiri memiliki berbagai macam varian tergantung dari asal daerahnya. Hal inilah yang diangkat salah satu museum di Seoul, Korea dengan menghadirkan Pulmuone Kimchi Museum.

Museum ini telah berdiri sejak tahun 1986 dan didirikan oleh Pulmuone Inc di Pil-dong. Kemudian pada tahun 1988, museum dipindahkan ke Convention and Exhibition Center (COEX) di Seoul dan menetap di sana hingga sekarang.

Terdapat tiga seksi dalam museum, di mana masing-masing seksi mengilustrasikan berbagai varietas kimchi. Seksi pertama berisikan sejarah kimchi yang tertulis dalam buku-buku atau artikel.

Pada seksi kedua pengunjung dapat melihat awal mula penduduk lokal memasukkan paprika ke dalam kimchi. Selain itu terdapat bagan lengkap yang menceritakan proses pembuatan kimchi berdasarkan daerah masing-masing di Korea. Dan seksi terakhir berisikan berbagai informasi melalui buku tentang kuliner Korea selain kimchi, serta film tentang pembuatan kimchi.

Sayangnya Pulmuone Kimchi Museum ditutup bagi umum untuk sementara sejak 1 Agustus lalu. Seperti dilansir laman Visit Korea, belum diketahui kapan museum ini akan dibuka kembali. (Berbagai sumber | umi)

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan
Mobil Chery Omoda E5 yang Ditabrakkan ke Tembok Mal oleh Anak Kecil

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

PT Chery Sales Indonesia (CSI) buka suara terkait video viral di media sosial yang menunjukkan seorang anak kecil menabrakkan mobil listrik Omoda E5 ke tembok di mall.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024