Cari Pengganti Akil, DPR Minta Panel Ahli Segera Dibentuk

Akil Mochtar sehari setelah ditangkap KPK.
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Muhammad Adimaja
VIVAnews -
Ratusan Pengguna Motor Royal Enfield Padati Tangerang
Anggota Komisi Hukum DPR Martin Hutabarat meminta agar panel ahli segera dibentuk. Sebab, Januari 2014, DPR akan segera mengajukan nama pengganti mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar yang terlibat kasus korupsi dan Hakim Harjono yang segera pensiun.

Ternyata Begini Dukungan Anggun untuk Pendidikan di Level Keluarga

"Harus cepat mengambil prakarsa dengan melibatkan panel ahli. Jangan sampai Januari DPR sudah memiliki calon, panel ahli belum ada," kata Martin ketika dhubungi, Jumat 20 Desember 2013.
Lebih 2 Ribu Mahasiswa yang Bela Palestina di Seluruh AS Ditangkap Polisi


Peran panel ahli ini penting dalam proses perekrutan hakim konstitusi paska disahkannya UU MK. UU MK yang baru mengatur bahwa perekrutan hakim konstitusi tak lagi langsung dilakukan DPR, pemerintah, maupun Komisi Yudisial.


"Jadi nanti kalau misalnya DPR mau memilih seseorang mengusulkan seseorang kasih dulu ke panel ahli. Lalu, panel ahli membuat penilaian atas orang yang diusulkan tadi," kata Martin.


Sementara, kata Martin, DPR akan menginventalisir calon-calon hakim konstitusi terlebih dahulu. Panel ahli ini terdiri dari tujuh orang yang berasal dari perwakilan KY, DPR, Presiden, dan Mahkamah Agung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya