Studi: Jatuh Cinta Itu Manis

Sumber :

VIVAlife - Ada senyum bahagia di balik orang yang sedang jatuh cinta. Perasaan berbunga-bunga, melakukan apapun rasanya tak fokus karena dibayang-bayangi wajah orang yang ditaksir. 

Mengenal Lebih Dekat Sargun Kaur Luthra, Bintang Series Hasrat Cinta Tayang di ANTV

Efek lain pun membuntuti, pepatah mengatakan bahwa cinta terasa manis sedangkan cemburu terasa pahit. Ternyata ini bukan kalimat kiasan semata, penelitian menyebutkan, bahkan air putih pun terasa manis ketika seseorang sedang dimabuk kepayang. 

Gempa Vulkanik Gunung Ruang Fluktuatif Cenderung Menurun, Menurut Balai Pemantauan

Emosi diketahui bisa mempertajam indera, tapi ini tak berlaku untuk perasaan cemburu, rasa asam maupun pahit tidak bisa berubah jadi manis. Namun, cinta dapat mengubah persepsi sensorik seseorang, padahal rasa cemburu tidak berpengaruh pada indera. Ketika seseorang jatuh cinta, ada perwujuduan metafor dari psikologi yang diterjemahkan tubuh lewat rasa manis.

Dilansir Huffington Post, temuan Kai Qin Chan, peneliti dari Radboud University Nijmegen di Belanda ini, menganalisis mahasiswa National University of Singapore untuk menguji manisnya cinta dan pahitnya kecemburuan, seperti yang kerap dilontarkan pepatah. Peneliti bertanya tentang  pengalaman indah dari cinta, kecemburuan atau topik netral. Selanjutnya, mereka diberikan cokelat pahit, serta permen manis dan asam. 

PSSI dan Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Calvin Verdonk Sama-sama Kasih Kode

Mereka yang merasakan indahnya pengalaman cinta, mengecap permen lebih manis dibanding yang sedang dihadang perasaan cemburu dan topik netral. Sementara itu, mereka yang sedang cemburu tak mengalami perubahan rasa pahit.

Penelitian selanjutnya tak lagi menggunakan permen, melainkan hanya air. Hasilnya, mereka yang sedang berbunga-bunga merasakan sensasi manis pada air tawar, padahal tak ada tambahan gula di sana.

Chan memaparkan, penelitian ini penting untuk dua alasan. Pertama, emosi dapat bertindak sebagai reseptor pada lidah sehingga lebih sensitif terhadap gula. Kedua, tidak ada efek yang disebabkan oleh kecemburuan pada panca indera. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya