Ini 6 Pekerjaan Rumah Menkominfo Baru

Menkominfo Rudiantara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVAnews - Ditunjuknya Rudiantara sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) disambut baik para pegiat internet Indonesia. Rudiantara memiliki rekam jejak sesuai dengan bidang yang akan digelutinya.

"Menurut saya bagus, tokoh profesional yang punya background di IT dengan pengalaman yang kompleks seperti konten, internet. Itu cukup memberikan kekuatan bagi beliau," ujar Donny BU, pendiri Internet Sehat dan ICT Watch, kepada VIVAnews, Senin 27 Oktober 2014.

Saat ini, Donny melanjutkan, setidaknya ada enam pokok permasalahan utama yang akan dihadapi Menkominfo baru itu selama menjalani tugasnya.

Pertama, kasus IM2, terkait kepastian hukum bagi pelaku usaha di internet. Kedua, perlunya merevisi pasal 27 Ayat 3 UU ITE. Ketiga, solusi digital divide (review kebijakan plik/mplik).

Israel Ketar-ketir ICC Terbitkan Surat Penangkapan Netanyahu

Keempat, keberpihakan pada radio komunitas dan tata kelola frekuensi radio komunitas. Kelima, content policy yang transparan dan akuntabel. Keenam, mengedepankan dialog dengan multistakeholder dalam tata kelola ICT atau internet Indonesia.

"Itu yang menurut saya agenda (utama) untuk dapat menjadi prioritas Menkominfo baru," ungkap dia.

Untuk mengatasi pokok masalah tersebut, Donny menyarankan agar ada penyegaran dalam pembenahan di jajaran Kominfo, mulai dari eselon 1 hingga 2, lalu dari dirjen hingga direkturnya.

"Refresh itu bisa jadi tetap memakai yang lama tapi dioptimalkan. (Namun), bisa diganti yang baru, bisa dari luar Kominfo, baik dari kementerian lain ataupun dari sektor lain di luar pemerintahan," ucap Donny.

Donny menjelaskan, penyegaran dalam tubuh Kominfo ini diperuntukkan agar bisa bekerja secara profesional, transparan, dan akuntabel.

Menurut dia, Rudiantara saat ini perlu untuk mengambil langkah-langkah dengan mengajak berbagai multistakeholder, baik dari pemerintah, civil society, swasta, akademisi, dan komunitas teknis, untuk duduk bersama untuk berdiskusi.

"Mendiskusikan dan merumuskan prioritas secara bersama serta menyusun kebijakan yang profesional, transparan, akuntabel. Jangan, top down lagi modelnya seperti di masa sebelumnya," papar dia. (art)

Ilustrasi Alpukat.

Lebih Dari Sekadar Lezat! Alpukat Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Jantung dan Kulit

Alpukat, buah berwarna hijau dengan tekstur lembut dan rasa yang unik, ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024