Xiaomi Siapkan US$300 Juta untuk Video Streaming

CEO Xiaomi Lei Jun.
Sumber :
  • REUTERS/Jason Lee

VIVAnews - Setelah berhasil menerobos posisi 3 di pasar smartphone dunia, Xiaomi akan menjadi penyedia layanan streaming video. Mereka telah menyiapkan US$300 juta untuk membeli iQiyi.com

iQiyi merupakan platfor video streaming online yang didanai oleh Baidu, sama-sama perusahaan asal Tiongkok. Ini artinya, iQiyi dan Xiaomi akan bergabung mengembangkan konten dan bekerja sama dalam bidang teknologi internet.

Dilansir melalui Forbes, Senin 24 November 2014, ini merupakan langkah terbesar kedua Xiaomi dengan investasi yang cukup banyak dalam satu bulan belakangan. Sebelumnya, Xiaomi juga dikabarkan telah membeli situs video bernama Youku Tudou.

Youku Tudou merupakan situs video dengan dukungan dana dari perusahaan e-Commerce terbesar Tiongkok, Alibaba, dengan saham sebesar 16,5 persen.

Investasi di iQiyi ini tidak dilakukan sendiri oleh Xiaomi, melainkan dibantu oleh Shunwei China Internet Fund, sebuah perusahaan pendanaan yang juga dibuat Lei Jun, CEO Xiaomi, pada 2011 lalu.

Xiaomi memang telah berencana untuk menciptakan konten sendiri agar bisa digunakan oleh 600 juta pengguna internet di Tiongkok. Awal November ini Xiaomi memang mengatakan akan menginvestasikan sekita US$1 miliar ke perusahaan penyedia konten video untuk membantu penjualan Mi-Box, sebuah set-up box televisi miliknya.

iQiyi rupanya cukup menarik minat investor. Baidu bahkan ingin langsung menambahkan sahamnya di iQiyi, setelah mereka berkolaborasi dengan studio Hollywood untuk membuat film. Mereka dikabarkan telah membeli hak cipta lebih dari 1.000 film Hollywood. (ren)

Starlink 'Main' di Daerah 3T Saja, Jangan Perkotaan

BACA JUGA:

Facebook Berencana Buat Koran Digital

Timnas Indonesia U-23 Kalah, Jerome Polin Jadi Sasaran Netizen

anwar fuady

Alasan Anwar Fuady Kepincut Wiwiet Tatung hingga Mantap Menikah di Usia 77

Anwar Fuady dan Wiwiet memiliki kemistri yang nyambung satu sama lain. Kemudian, Anwar juga mengungkap jika Wiwiet adalah sosok perempuan yang baik hati dan cerdas.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024