Pakai Mobil Misterius, Apple Bikin Layanan Street View?

Mobil van misterius yang disewa Apple
Sumber :
  • www.appleinsider.com

VIVA.co.id - Perusahaan teknologi, Apple, memberikan teka-teki di jalanan California pada pertengahan pekan ini.

Produsen iPad itu muncul di jalanan California dengan sebuah mobil mini van misterius. Penampilan mobil misterius itu sempat terambil kamera oleh salah seorang blogger Bay Area.

Mobil misterius Apple itu meluncur dengan dilengkapi frame berbentuk X di bagian atap mobil. pada setiap sudut frame itu dilengkapi kamera. Kemudian bagian depan dan belakang mobil dilengkapi sensor LiDAR.

Apple Bagi-bagi Undangan

Untuk diketahui, LiDAR digunakan untuk mendeteksi fitur di sekitar area tertentu. Sensor tersebut juga digunakan Google untuk pemetaan pada mobil tanpa sopir.

Melansir PC Plus, Kamis, 5 Februari 2015, mobil itu makin mengundang tanya. Sebab, tidak terdapat simbol apapun di bodi van tersebut.

Sementara keterangan Departemen Kendaraan Motor California menyebutkan mobil van jenis Dodge Caravan itu memang disewa oleh Apple untuk kebutuhan tertentu.

Spekulasi pun merebak, diduga Apple tengah menguji atau mengembangkan pesaing Street View milik Google. Hal ini dikuatkan dengan kabar sebelumnya yang menyebutkan Apple tengah mencari beberapa insinyur untuk membuat layanan yang disebut 'Apple Search'.

Situs Apple beberapa waktu lalu mengonfirmasi kebutuhan insinyur tersebut

"Apple tengah mencari seorang program manajer kreatif, teknik untuk mengelola proyek operasi backend platform pencarian yang mendukung ratusan juta pengguna," demikian rangkuman lowongan yang ada di situs.

Dugaan Apple tengah mempersiapkan layanan seperti Street View juga disampaikan oleh analis Rob Enderle. Melansir Apple Insider, ia yakin kendaraan misterius itu adalah mobil tanpa sopir.

Enderle mencatat jumlah kamera pada mini van setidaknya ada 12 buah, yang membuat terbanyak dalam mobil pemetaan.

Apple memang dikenal ambisius dalam layanan pemetaan. Pengumpulan data di jalanan merupakan salah satu cara untuk memastikan kualitas pemetaan produsen iPhone itu.

Baca juga:

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan
iPhone 16

iPhone 16 akan Punya Tombol Misterius

iPhone 16 akan memiliki tombol misterius.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024