Lunasi Utang Anak Usaha, BUMN Ini Terbitkan Obligasi

Ilustrasi uang rupiah
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Perusahaan konstruksi milik negara, PT Brantas Abipraya menerbitkan obligasi pertama kali di Bursa Efek Indonesia (BEI) senilai Rp300 miliar.

Kasus Suap di Kejati, KPK Periksa Staf Keuangan PT Brantas

Obligasi ini memperoleh peringkat BBB+ dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi adalah PT Bahana Securities.

Direktur Investment Banking PT Bahana Securities, Novita Lubis, Selasa 3 Maret 2015, mengatakan kisaran suku bunga obligasi sebesar 10,75 sampai 12 persen.

"Dana hasil penawaran umum ini akan digunakan untuk tambahan setoran modal kepada entitas anak perseroan sebesar 50 persen, untuk investasi pembangunan pabrik beton pra cetak sebesar 33 persen, dan sisanya 16,67 persen akan digunakan untuk refinancing, atau pembayaran utang pada tiga bank," ujarnya di Hotel Ritz Carlton Jakarta.

Obligasi tanpa warkat ini, Novita melanjutkan, berjangka waktu tiga tahun, terhitung sejak tanggal emisi. Jaminannya, berupa piutang performing, baik yang sudah ada maupun yang akan timbul di kemudian hari. Piutang performing tersebut, berasal dari proyek-proyek yang dilaksanakan perseroan, sebesar 100 persen dari jumlah pokok obligasi yang tehutang.

Book building rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 3-6 Maret 2015, dengan masa penawaran umum dilakukan pada 27-30 Maret 2015. Diperkirakan, listing di bursa pada tanggal 6 April 2015. (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

KPK Geledah Kantor PT Brantas Abipraya
[/vivamore]
Penyidik KPK saat menggeledah kantor Kajati DKI

Usut Pelanggaran Etik Kajati DKI, Tahanan KPK pun Diperiksa

Pemeriksa berasal dari tim Jaksa Agung Muda Pengawasan dari Kejagung.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2016