Induk Usaha Rumah.com Tarik Investasi Rp2,33 Triliun

Rumah.com
Sumber :
  • Rumah.com

VIVA.co.id - Grup PropertyGuru, salah satu portal online properti di Asia yang merupakan induk usaha Rumah.com, mengumumkan hari ini telah menerima investasi sebesar US$175 juta atau setara Rp2,33 triliun dari konsorsium strategis tiga investor.

Investas tersebut diklaim merupakan terbesar di sektor teknologi di Asia Tenggara yang akan mendukung inovasi, pemasaran, dan pengembangan lebih lanjut Property Guru di Asia.

Konsorsium investasi terdiri atas firma investasi TPG, grup media di Indonesia Emtek Grup, dan firma modal ventura teknologi di Asia Pasifik SquarePeg Capital. 

Transaksi tersebut diharapkan dapat diselesaikan di pertengahan Juni, di mana para perwakilan dari konsorsium akan bergabung dengan manajemen PropertyGuru.

Steve Melhuish, CEO dan pendiri bersama dari PropertyGuru, mengatakan PropertyGuru telah membangun pasar di Singapura, Thailand dan Indonesia serta mengumpulkan secara bulanan lebih dari 11 juta kunjungan pelanggan, 104 juta lawatan situs dan 28 persen pertumbuhan lalu lintas per tahun, dengan 52 persen dari lalu lintas tersebut berasal dari aplikasi bergerak (mobile).

Dia menjelaskan, nilai transaksi real estat yang diperdagangkan melalui platform PropertyGuru diestimasikan S$14 miliar per tahun, yang mendekati 10 persen dari semua transaksi properti di area tersebut.

“PropertyGuru telah membangun catatan kinerja dengan berdasarkan kepada visi inovasi konsumen-sentris yang memampukan orang untuk membuat keputusan-keputusan properti yang lebih baik. Kami mengkapitalisasikan investasi ini untuk dapat memperoleh potensi pasar properti Asia Tenggara dan pengembangan di dunia digital untuk memperjauh agenda regional kami," ujar Melhuish, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Selasa 9 Juni 2015.

Menurutnya, investasi terbaru ini akan menyertakan para ahli managemen Asia yang sangat berakar keahliannya di perusahaan, di mana ketiga pihak memiliki catatan kinerja yang kuat di bidang online dan/atau sektor teknologi.

“PropertyGuru telah merupakan platform real estat terkemuka di area ini, dengan prospek pertumbuhan yang menarik. Dia merupakan representasi tambahan penting atas portofolio TPG di Asia, dan juga memperkuat jangkauan investasi global internet kami.

Rumah.com Akuisisi Pesaing

Kami menyambut ke depan untuk meminjamkan keahlian industri kami untuk memperkuat pertumbuhan, dengan beker jasama dengan tim PropertyGuru, Emtek Grup dan SquarePeg," kata Ganen Sarvananthan, rekan dan Direktur Pengelola TPG. (ren)

Seorang wanita di suatu pameran properti di Jakarta beberapa waktu lalu.

Studi: Pencari Rumah Kesulitan Temukan Hunian Idaman

Banyak informasi properti yang tidak memadai.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2016