Gerai Gelato Tradisional Italia Buka di Jakarta

Es krim gelato.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha
VIVA.co.id
Es Krim Produksi Rumahan Ini Raup Puluhan Juta Rupiah
- Hampir setiap negara memiliki versi es krim masing-masing. Namun, salah satu yang paling populer adalah es krim tradisional khas Italia yang dinamakan gelato.

Intip Varian Es Krim Unik di Berbagai Negara
Kini, tak perlu jauh-jauh ke Eropa, Anda pun bisa mencicipi gelato otentik Italia. Ya, belum lama ini sebuah gerai gelato lokal Italia bernama Grom Gelato telah hadir di ibu kota.

Empat Makanan Termahal di Dubai
Didirikan oleh dua sekawan asal Negeri Pizza, Guido Martinetti dan Federico Grom, gerai gelato tersebut pertama kali buka di kota Torino, Italia pada 2003. Mereka mencoba menjawab tantangan seorang kritikus makanan populer di Italia yang mengatakan bahwa saat itu tak ada lagi gelato yang dibuat secara tradisional sebagaimana seharusnya.

"Gelato kami dibuat dari bahan baku lokal Italia yang segar dan berkualitas tinggi, baik itu susu, buah, telur, gula tebu hingga air dari mata air Sparea di Italia. Kami juga memiliki pertanian seluas 20 hektare bernama Mura-mura di Italia, yang menjadi tempat menanam bahan pembuat gelato kami," ujar Grom, salah satu chief executive officer (CEO) Grom Gelato saat ditemui di Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis, 17 September 2015.

Pria yang memiliki passion tinggi pada bidang bisnis itu juga mengatakan bahwa menu gelato yang mereka tawarkan berbeda dari gelato lain yang pernah Anda rasakan. Di sini pengunjung akan menikmati gelato yang menyehatkan, karena tidak menggunakan perasa dan pewarna buatan.

Tentu saja gelato yang kandungan lemaknya jauh lebih rendah dari es krim biasa pun akan memberikan rasa nyaman pada penikmat gelato yang ingin bebas menikmati gelato tanpa takut gemuk.

"Di Amerika, kategori es krim biasa memiliki 12-40 persen kandungan lemak. Sedangkan es krim medium mengandung 40-60 persen lemak dan es krim dengan kandungan lemak di atas 60 persen dianggap es krim premium," ujar Martinetti saat ditemui di kesempatan yang sama.

Ia melanjutkan, di Italia tidak ada aturan baku mengenai gelato. Yang pasti, menurut dia, gelato jauh berbeda dengan es krim Amerika yang dianggap semakin lezat dan lembut jika kandungan lemaknya semakin tinggi.

"Di negara asal kami, kandungan lemak tidak memengaruhi tekstur gelato. Kelembutan gelato ditentukan oleh kesegaran dan kualitas bahan-bahan bakunya. Itu lah mengapa kandungan lemak gelato Italia hanya sekitar 10 persen," ujar Martinetti.

Di Grom Gelato, Anda bisa memesan lebih dari 30 deretan menu. Namun, varian gelato yang tak boleh Anda lewati antara lain Crema di Grom, Straccoatella, Tiramisu, Affogato Pistachio, Hazelnut, dan masih banyak lagi.

Cita rasa gelato ini begitu ringan dan tidak berat, jadi tak perlu takut merasa enek. Teksturnya pun jauh lebih halus dan lembut dari es krim biasa.

Tak hanya gelato, di sini pengunjung juga dapat mencicipi sorbet, es krim buah segar yang dibuat tanpa susu khas Italia dengan kandungan buah sebesar 50 persen. Ini membuat sorbet terasa seperti buah beku yang saat disantap langsung meleleh di mulut.

Beberapa varian menu sorbet yang ditawarkan adalah stroberi dan mangga. Menu sorbet akan berubah tergantung buah-buahan yang sedang musim di Italia.

Ada pula beberapa menu minuman khas Italia yang bisa Anda santap bersama gelato dan sorbet. Minuman-minuman itu antara lain adalah Granita atau slushee ice yang dibuat tanpa susu serta Frappe, minuman susu blended.

Gerai Grom Gelato di Indonesia merupakan gerai Grom Gelato pertama di Asia Tenggara. Kini, merek gelato ini telah memiliki lebih dari 40 gerai yang tersebar di kota-kota di Italia dan dunia seperti di New York, Jepang dan masih banyak lagi.

Grom Gelato
Lantai 1 Unit 70-72, Pacific Place
SCBD, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53
Jakarta Selatan
Buka: 10.00-22.00 WIB
Range harga: Rp48-85 ribu
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya