Hotel Ini Ajarkan Turis Asing Bahasa Indonesia

Ilustrasi pelayanan hotel
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bobby Andalan/ Bali

VIVA.co.id - Bangga menggunnakan Bahasa Indonesia, mungkin hal itu yang diterapkan di Hotel Savvoya Seminyak, Kuta Bali. Di saat ratusan hotel lainnya di kawasan Kuta dan Nusa Dua menggunakan Bahasa Inggris untuk menegur sapa tamunya, hotel ini justru menggunakan bahasa asli orang Indonesia.

President Director Prasanthi (grup yang membangun Hotel Savvoya), Jusuf Sawirin menuturkan, hal itu dilakukan sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap bahasa asli orang Indonesia. Selain itu, tegur sapa dengan Bahasa Indonesia juga dimaksudkan untuk mengajarkan turis asing Bahasa Indonesia.

"Tegur sapa yang kami terapkan di sini dengan bahasa Indonesia. Ini sekaligus untuk mengajarkan tamu kita yang menginap tentang Bahasa Indonesia ," kata Yusuf saat ditemui VIVA.co.id di Kuta, Minggu, 11 Oktober 2015.

Menurut dia, tamu yang menginap di hotelnya justru senang dengan layanan belajar Bahasa Indonesia secara gratis tersebut. Sementara, untuk wisatawan lokal, Yusuf mengaku tegur sapa yang dilakukan karyawannya sesuai dengan suku tamu yang menginap. "Misalnya tamunya dari Medan, maka akan disapa 'horas'. Kalau dari Bali 'om swastiastu. Begitu juga dengan daerah lainnya," kata dia.

Sudah barang tentu karyawan di hotel yang memiliki 115 kamar itu harus mengetahui sapaan asli berbagai suku di Indonesia. "Salam ini agar memberi keakraban kepada tamu. Cara kekeluargaan kita bangun di tempat ini. Tiap karyawan wajib tahu nama panggilan dari tamu yang menginap. Tamu kalau disapa sangat senang, apalagi dengan mengenal nama panggilannya," ujarnya menambahkan.

Hotel Ini Membuat Anda Tidur di Dua Negara dalam Waktu Sama

Meski demikian, bukan berarti Bahasa Inggris dikesampingkan. Yusuf mengaku karyawannya juga fasih berbahasa Inggris. "Dengan menyapa menggunakan bahasa daerah asal tamu domestik, mereka akan merasa seperti berada di kampung sendiri ketika menginap di hotel ini."

(mus)

4 Hotel Paling Horor dalam Film
The W hotel di Taipei, Taiwan, hotel mewah terbaik dunia

Mau Menginap di Hotel Mewah Terbaik Dunia, Ini Daftarnya

Setiap hotel mewah memiki keunggulan yang tidak ditemukan di rumah.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016