Sudirman Said Ngotot Siapkan Regulasi Dana Ketahanan Energi

Menteri ESDM Sudirman Said
Sumber :
  • ANTARAFOTO/ Fanny Octavianus
VIVA.co.id
PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik
- Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Sudirman Said, mengatakan bahwa pihaknya akan terus memperkuat landasan regulasi pembentukan Dana Ketahanan Energi‎ (DKE).

Strategi Menteri Arcandra Targetkan PLTP 7.000 MW

Ia mengatakan dengan ditundanya pembentukan DKE ini, maka pihaknya akan bisa menyiapkan landasan hukum dan regulasi yang lebih kuat.
Wapres: Elektrifikasi RI Terendah di ASEAN


"Belajar dari negara-negara sahabat kita, pembentukan dan pengelolaan DKE menjadi penanda kehati-hatian dan kepedulian akan masa depan. Bahkan negara yang kaya minyak sekalipun seperti Norwegia telah lama membentuk dana semacam ini," ujar Sudirman dalam keterangan pers, Selasa 5 Januari 2015.


Ia menjelaskan, Norwegia memiliki DKE senilai US$17 miliar dan Petroleum Fund senilai US$836 miliar. Sementara Inggris dan Australia memiliki masing masing US$1,5 miliar dan US$1,8 miliar.


"Bahkan Timor Timur negara tetangga yang jauh lebih kecil, dan belum lama membangun sektor energinya telah mengakumulasi Petroleum Fund sampai dengan US$17 miliar," kata dia.


Menurut Sudirman, Pemerintah bersama-sama seluruh masyarakat, didukung oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) harus melanjutkan upaya-upaya meluruskan berbagai kebijakan pengelolaan energi, agar kembali ke jalur yang benar sebagaimana jalur yang diamanatkan oleh UU Energi dan PP Kebijakan Energi Nasional.


"Dewan Energi Nasional terus menjaga proses dan meyakinkan kebijakan-kebijakan yang telah dirumuskan dilaksanakan sebaik-baiknya. Saya menyimak seluruh masukan-masukan kritis, dan mendapat kesan bahwa hampir seluruh pihak mendukung gagasan pembentukan DKE, dengan syarat landasan hukum dan mekanisme pengelolaannya diperkuat agar menjaga prinsip-prinsip transparansi dan good governance," kata dia.


Menurut Sudirman, menyelesaikan persoalan energi membutuhkan pola pikir dan kultur yang berorientasi solusi.  


"Atas nama Kementerian ESDM sebagai penanggung jawab sektor, saya menyampaikan penghargaan yang tulus kepada seluruh pihak yang telah memberi masukan sehingga proses persiapan pembentukan DKE dapat terus disempurnakan. Mari kita terus berpikir dan bekerja keras untuk terus mencari solusi," kata dia. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya