Indahnya Jembatan Laguna Garzon di Uruguay

Jembatan Laguna Garzon, Uruguay
Sumber :
  • Amusing Planet
VIVA.co.id
Guncangan Jembatan Roboh di Manggarai Terasa Seperti Gempa
- Biasanya, jembatan yang menghubungkan satu tempat dengan tempat lain hanya berupa garis lurus. Bagaimana bila Anda menyebrangi jembatan berbentuk cincin?

Perjalanan Misterius ke Korea Utara
Ketika membangun jembatan, insinyur dan arsitek tidak selalu mencari kemungkinan bagaimana memperpendek jarak saat menyeberang. Salah satu yang unik adalah jembatan berbentuk cincin di Laguna Garzon, pantai selatan Uruguay.

Mengintip Keseruan Lomba Perahu Mini di Pantai Kenjeran
Struktur beton terdiri dari dua jembatan setengah lingkaran, kemudian kedua ujungnya bersatu membentuk lingkaran seperti cincin. Jembatan ini dibangun untuk menggantikan rakit yang biasa dipakai untuk menyeberangi kota Rocha dan Maldonado.

Dilansir dari Amusing Planet, pada desain melingkar yang tidak biasa pada jembatan, arsitek Rafael Viñoly memiliki penjelasan sangat logis dan fungsional. 

Desain melengkung akan memaksa pengemudi untuk memperlambat kecepatan mobil, memberikan kesempatan untuk melihat pemandangan yang indah. Jembatan ini juga memiliki sepasang trotoar untuk pejalan kaki.

Sebelum jembatan dibangun, persimpangan ini hanya diperbolehkan dua mobil untuk menyeberang pada suatu waktu. Rakit dioperasikan hanya pada waktu-waktu tertentu dalam sehari, dan selama hari-hari berangin atau badai, rakit itu tetap tutup.

Sulitnya akses membuat wilayah Rocha jauh dari perkembangan, bila dibandingkan dengan kota Maldonado yang mengalami pertumbuhan ekonomi dalam dekade terakhir.

Jembatan baru akan memungkinkan 1.000 kendaraan untuk menyeberang laguna, dan diharapkan dapat membantu mendorong pengembangan pantai Rocha ini. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya