Cerita di Balik Mahalnya Gaun Ikonik Marilyn Monroe

Kehidupan Marilyn Monroe penuh misteri
Sumber :
  • REUTERS/"Gentlemen Prefer Blodnes" 2012 FOX/All rights reserved/Handout

VIVA.co.id – Gaun ikonik dan terkenal yang dikenakan Marilyn Monroe saat menyanyikan lagu Happy Birthday Mr President untuk John F Kennedy telah terjual seharga Rp64 miliar dalam lelang di rumah lelang Julien.

5 Tokoh Dunia Kerja Keras di Usia 20 Tahun, Ada yang Jualan Koran

Gaun ini mendefinisikan fesyen abad ke-20, dengan desain tulle tipis, bertabur kristal tersebut dipakai Monroe pada 19 Mei 1962 saat ulang tahun John F Kennedy ke-45.

Gaun warna nude ini sempat memicu kehebohan, seperti halnya gaun yang dipakai selebriti saat ini, seperti Kim Kardashian dan Beyonce. Gaun itu dibeli dari Ripley's Believe It or Not Museum, dengan harga melebihi gaun paling mahal Monroe sebelumnya yang dijual di rumah lelang, yakni gaun putih dari The Seven Year Itch yang laku US$4,6 juta pada 2011.

Barang-barang Pribadi Milik Marilyn Monroe Akan Kembali Dilelang, Termasuk File Medisnya

Edward Meyer, wakil presiden Ripley's Believe It or Not meyakini gaun tersebut bagian paling ikonik dari budaya pop. "Pada abad ke-20, saya tidak bisa memikirkan satu item tunggal yang bercerita tentang tahun 1960-an. Ini adalah rekor dunia baru untuk gaun," kata dia, seperti dikutip dari Telegraph.

Lelang ini sudah lama direncanakan sebagai bagian dari ulang tahun Monroe ke-90. Dan gaun ini didapat dari seorang kolektor di New York yang awalnya membeli gaun dari rumah lelang Christie pada 1999 seharga US$1,26 juta.

Jadi Marlyn Monroe Namun Disebut Mirip Mpok Alpa, Ini Kata Rachel Vennya

"(Gaun) Ini yang paling bersejarah, bagian penting dari Marilyn Monroe yang pernah ditawarkan," ujar Darren Julien, presiden dan Chief Executive Officer (CEO) rumah lelang Julien.

Sebelumnya, dia memperkirakan bahwa gaun itu terjual dengan harga Rp27 miliar hingga Rp40 miliar. Menurutnya, ada 2.000 pengunjung yang melihat gaun itu setiap harinya.

Julien percaya bahwa dari semua memorabilia Marilyn, gaun ini memiliki resonansi tertentu. "Gaun itu merupakan bagian dari sejarah politik kita, tapi juga Hollywood, glamor, fesyen. Gaun itu sebuah karya seni dalam dirinya sendiri," ucapnya.

Gaun yang membutuhkan biaya US$12 ribu pada saat itu dirancang oleh Bob Mackie, yang bekerja pada desainer Jean Louis. Gaun ini dibuat untuk salah satu penampilan publik terakhir Monroe sebelum kematiannya pada Agustus 1962.

Gaun itu merupakan karya awal Bob memulai kariernya. Selanjutnya, Bob membuat gaun memesona untuk Cher, Grace Jones, Kylie Minogue dan Madonna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya