50 Dermawan AS Sumbangkan Rp199 Triliun Selama 2017

Bill Gates.
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA – Sebanyak 50 dermawan di Amerika Serikat pada 2017 menyumbangkan harta mereka dengan total US$14,7 miliar atau Rp199,4 triliun (kurs Rp13.570 per dolar AS). Dari daftar tersebut, Bill dan Melinda Gates menempati posisi pertama dengan sumbangan US$4,8 miliar ke yayasan mereka.

Kala IHSG Anjlok, 'Dompet' Orang Terkaya RI Ini Justru Kian Tebal

Dilansir dari CNBC, Selasa 6 Februari 2018, sumbangan dari 50 donor itu meningkat berkali-kali lipat pada 2017, dari sebelumnya US$5,6 miliar menjadi US$14,7 miliar. Berdasarkan daftar 50 dermawan AS yang disusun Chronicle of Philanthropy, jumlah tersebut terbesar sejak 2008. 

Peringkat kedua pada daftar tersebut adalah Chief Executive Officer (CEO) Facebook, Mark Zuckerberg, dan istrinya Priscilla Chan yang menyumbang US$2 miliar ke yayasan yang mereka kelola. Kemudian yang ketiga adalah Michael Dell dan istrinya Susan yang menyumbangkan US$1 miliar. 

Pendiri ChatGPT Sam Altman Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia, Bill Gates Terlempar

"Kekayaan filantropis besar masih terus berkembang beberapa tahun mendatang, dan kemungkinan besar akan menghasilkan banyak sumbangan di masa depan," ungkapnya. 

Beberapa filantropis besar lainnya memang ada yang tidak masuk daftar. Meskipun mereka terbukti telah menyumbang hartanya dalam jumlah besar, seperti Warren Buffet yang memberi US$2,4 miliar ke Gates Foundation.

4 Tips Sukses dari Bill Gates dan Daniel Lubetzky untuk Para Pejuang
Ilustrasi perubahan iklim.

Jadwal 'Kiamat' Tak Bisa Ditunda, Sosok Penting Ini Menyerah

Bill Gates sering menyoroti urgensi menjaga Bumi dari dampak perubahan iklim, sambil aktif terlibat dalam upaya kemanusiaan untuk merawat lingkungan atau kiamat iklim ini

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024