Viral, E-Money Berkurang 2 Kali Saat Lewati Satu Pintu Tol

Ilustrasi gerbang tol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Media sosial tengah ramai dengan munculnya rekaman video soal dugaan pemotongan dua kali saldo e-money di satu pintu tol. 

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Akun Facebook bernama Rama Soegianto mengungkapkan hal tersebut lewat Instagram, pada 10 Februari 2018, pukul 10.21 WIB. Hingga saat ini, unggahannya di Facebook sudah mendapat komentar 8,4 ribu, dengan like sebanyak 6,7 ribu dan dibagikan sebanyak 22 ribu kali.

Rama menyerukan, bagi para pengguna jalan tol agar lebih hati-hati, khususnya yang sering merasa saldo dalam e-money mereka berkurang 2 kali saat melewati satu pintu tol.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

"Percuma ngadu ke Jasa Marga, di sistem mereka, enggak bakal kedeteksi kalo saldo berkurang 2X pas lewatin pintu tol," tulis akun tersebut dengan huruf kapital.

Ia menceritakan kejadian itu bermula sekitar dua hari yang lalu sejak ia mengunggah hal tersebut. Dia bercerita itu terjadi saat dia menggunakan jalan tol Cililitan. "Saya yakin seyakin-yakinnya kalau saldo saya berkurang 2x," katanya. 

Tarif Tol di 3 Ruas Ini Dapat Diskon, Simak Lokasi dan Waktunya

Ia pun mencoba menanyakan kebenaran tersebut kepada petugas jalan tol. Namun, dia mengaku mendapat perlakuan yang tak pantas dari petugas tol.

"Saya coba tanya sama petugas tolnya, dia jawab dengan nyolot dan ngotot: 'ga mungkin lah berkurang 2x, kalo pintu gerbangnya cuma ngangkat sekali, berarti saldo cuma berkurang 1x'," ujarnya menceritakan kembali perkataan petugas jalan tol.

Kemudian, dia diminta masuk ke kantor Jasa Marga untuk membuktikan bahwa hanya terbayar satu kali. "Dan bener di sistem mereka cuma kedeteksi 1x, kok bisaa!," katanya.

Setelah itu, ia mengaku melakukan pengecekan ke atm Bank Mandiri. Anehnya, di print out mutasi Bank Mandiri, saldo e-money-nya berkurang dua kali.

"Besoknya itu petugas tol pas lagi enggak ada, saya ketemu sama petugas kantor mereka. Yang saya heran kok bisa beda antara mutasi e-money sama sistem Jasa Marga yang masih payah?! Kok bisa pintu gerbang kebuka sekali, saldo berkurang 2X?! Ngotot pula itu petugas tol di lapangan," katanya. 

Saat VIVA mencoba mengonfirmasi hal itu, pihak PT Jasa Marga (Persero) Tbk menjanjikan akan menyiapkan materi untuk memberikan penjelasan lebih lanjut. 

"Aku belum bisa jawab," ujar AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru saat dihubungi VIVA. Dia menambahkan, “Aku lagi ngumpulin materi.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya