Mengintip Kekayaan Miliarder Kulit Hitam Dunia 2018

Michael Jordan
Sumber :
  • Zimbio

VIVA – Bill Gates, Warren Buffett, dan Jeff Bezos, mungkin adalah orang terkaya di dunia yang telah Anda kenal lama. Namun, ternyata tiga nama tersebut bukan satu-satunya miliarder di dunia.

Kala IHSG Anjlok, 'Dompet' Orang Terkaya RI Ini Justru Kian Tebal

Dikutip dari Business Insider, Rabu 21 Februari 2018, data miliuner Forbes 2017, mencatat ada sekitar 2.043 orang di seluruh dunia yang memiliki kekayaan bersih secara fantastis. 23 di antaranya, memiliki kekayaan hingga US$1 triliun.  

Selain itu, pada 2017 juga tercatat terdapat 10 miliarder yang berasal dari kulit hitam, atau kurang dari satu persen jumlah total orang kaya tersebut. Namun, angka itu tercatat turun dari capaian 12 tahun lalu.

Terpopuler: Orang Kaya ke Mall Bawa 20 Mobil Mewah, Gebrakan Baterai Baru BYD

Forbes sendiri dalam menentukan daftar orang kaya tersebut, menggunakan harga saham dan nilai tukar untuk memperkirakan kekayaan bersih orang-orang terkaya di dunia, dan kemudian memberi peringkat berdasarkan kekayaan mereka.

Adapun daftar orang kulit hitam terkaya tersebut antara lain:

Ini Baru Orang Kaya! Belanja ke Mall Bawa 20 Mobil Mewah dan Ambulans

1. Aliko Dangote memiliki kekayaan sebesar US$13,8 miliar, setara Rp187,6 triliun

Pria terkaya di Afrika adalah Aliko Dangote dari Nigeria, 60 tahun, yang menjadi CEO dan presiden Dangote Group selama 35 tahun. Sebagian besar kekayaannya berasal dari 90 persen saham di Dangote Cement, produsen semen terbesar di Afrika, yang diperdagangkan di Bursa Efek Nigeria.

Dia juga seorang filantropis aktif, menjabat sebagai ketua The Dangote Foundation, yang berfokus pada pendidikan, pertanian, dan inisiatif terkait kesehatan.

Kekayaan bersih yang dimiliki mencapai US$13,8 miliar, dari industri semen dan bersumber dari kekayaan pribadi.

2. Mohammed Al-Amoudi, US$10,8 miliar setara Rp146,8 triliun

Mohammed Hussein Al Amoudi, 71 tahun, pindah dari Ethiopia ke Arab Saudi, saat berusia 19 tahun, dan mulai mengumpulkan kekayaannya dari kontrak pemerintah di bidang real estate dan konstruksi.

Sekarang, ayah dari delapan anak itu memiliki bisnis di beberapa industri, termasuk minyak, pertambangan, dan pertanian di Arab Saudi, Ethiopia, dan Swedia.

Kekayaan bersih yang dimiliki mencapai US$10,8 miliar dari industri minyak, pertambangan, dan bersumber dari kekayaan sendiri.

3. Mike Adenuga, US$5,4 miliar setara Rp73,4 triliun

Mike Adenuga dari Nigeria, umur 64 tahun, adalah chairman perusahaan telekomunikasi Globacom, yang memiliki 36 juta pelanggan, dan sebagai pemilik mayoritas perusahaan minyak Lagos, dan Conoil.

Sementara itu, ia mendapatkan gelar MBA dari Pace University di New York. Saat ini, Adenuga, yang memiliki tujuh anak, adalah orang terkaya kedua di Nigeria, menurut Forbes.

Kekayaan bersih yang dimiliki US$5,4 miliar dari industri telekomunikasi dan bersumber dari kekayaan sendiri.

4. Robert Smith, US$4,4 miliar setara Rp59,8 triliun

Robert Smith, umur 54 tahun, meninggalkan Goldman Sachs pada 2000, untuk memulai perusahaan ekuitas pribadinya, Vista Equity Partners. Rekan kerjanya mengira dia gila, tetapi sejak saat itu, kesuksesan dan kekayaannya meroket, mendaratkannya pada daftar Miliarder Forbes untuk pertama kalinya pada 2016.

Pada 2015, Smith menikahi Hope Dworaczyk, mantan model Playboy dan tinggal di sebuah vila yang luar biasa di Pantai Amalfi, Italia.

Kekayaan bersih yang dimiliki US$4,4 miliar dari industri ekuitas swasta dan bersumber dari kekayaan sendiri.

5. Oprah Winfrey, US$2,8 miliar setara Rp38,08 triliun

Oprah Winfrey, 63 tahun, adalah satu-satunya wanita Afrika-Amerika yang masuk daftar miliarder Forbes. Winfrey mengatasi masa kecil yang sulit untuk menjadi model media yang terkenal dan tercinta saat ini.

Winfrey tetap mempertahankan gaya hidup yang patut ditiru. Awal tahun ini, Winfrey menyampaikan pidato awal di Smith College, mengatakan kepada lulusan tentang rahasia kesuksesan adalah melayani orang lain.

Kekayaan bersih yang dimiliki US$2,8 miliar dari industri media dan hiburan dan kekayaan bersumber dari diri sendiri.

6. Michael Jordan, US$1,65 miliar setara Rp21,7 triliun

Salah satu atlet paling sukses sepanjang masa adalah Michael Jordan, 54 tahun, yang menghasilkan gaji total per bulannya US$90 juta sebagai pemain bola basket.

Sejak pensiun dari NBA, dia mengumpulkan sebagian besar kekayaannya melalui hubungannya dengan Nike dan kemitraan perusahaan lainnya.

Jordan, yang juga memiliki saham di Charlotte Hornets, sekarang menghasilkan lebih banyak dalam satu tahun, daripada yang dilakukannya selama seluruh karir basket profesionalnya.

Kekayaan bersih yang dimiliki US$1,65 miliar dari industri bola basket dan ritel. Kekayaannya bersumber dari diri sendiri. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya