Bos IMF Terkesan Wanita RI Gerakkan Ekonomi Tanah Abang

Direktur IMF dan mantan Menteri Keuangan Prancis, Christine Lagarde
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Managing Director International Monetary Fund (IMF), Christine Lagarde, terkesan dengan banyaknya wanita yang menjadi penggerak ekonomi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Gebrakan Baru Pasar Tanah Abang, Hadirkan “Little Bangkok” bagi Pelaku Jastip Raup Cuan Maksimal

Lagarde menyampaikan bahwa semangat para wanita turut berkontribusi juga terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia di pasar yang merupakan pusat perdagangan tekstil terbesar se-Asia Tenggara itu.

"Saya sangat terkesan karena Pasar Tanah Abang menunjukkan kekuatan industri tekstil. Saya juga terkesan dengan banyaknya wanita. Ada banyak sekali wanita di pasar ini yang juga merupakan bagian bergairah dari ekonomi Indonesia," ujar Lagarde di sela blusukan di Tanah Abang, Senin, 26 Februari 2018.

Gebrakan Baru Pasar Tanah Abang, Hadirkan Suasana Nyaman Berburu Baju ala Little Bangkok

Secara umum, Lagarde menyampaikan, Indonesia merupakan suatu negara yang ekonominya berkembang, serta didorong tiga mesin utama, yaitu konsumsi, investasi, dan ekspor.

Presiden Jokowi dan Managing Director IMF Lagarde di Pasar Tanah Abang.

Kaleidoskop 2023: TikTok Shop Jadi Kambing Hitam Sepinya Pasar Tanah Abang

Hal lain yang membuat Lagarde terkesan adalah banyaknya program reformasi yang dilakukan Presiden Joko Widodo. Lagarde berharap program reformasi berikutnya, yaitu penyederhanaan perizinan melalui 'single submission', juga bisa mendorong perekonomian dengan merangsang banyak Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tumbuh.

"Saya juga sangat berharap Pak Jokowi dan jajarannya akan melanjutkan reformasi yang baik di bidang infrastruktur, pendidikan, dan urusan sosial," ujar Lagarde.

Lagarde berharap, Indonesia senantiasa mendorong pertumbuhan ekonominya, dengan memanfaatkan momentum munculnya ekonomi digital. Inklusi keuangan yang merupakan bagian dari mendorong pertumbuhan ekonomi, diyakini akan memberi efek positif berupa meratanya kemakmuran.

"Saya berpikir bahwa peningkatan apa pun di dalam perekonomian akan memberi keuntungan terhadap wanita, dan anak muda yang ingin membangun bisnis mereka. Jadi, kami sangat mendorong ditingkatkannya inklusi keuangan oleh pemerintah Indonesia," ujar Lagarde.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya