Pasar Tanah Abang Blok G Bakal Direvitalisasi, Pengelola Data Pedagang

Pembuatan Lift di Blok G Tanah Abang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Jakarta - Pasar Tanah Abang Blok G diduga menjadi sarang premanisme hingga menjadi tempat mengkonsumsi narkoba. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Perumda Pasar Jaya akan merevitalisasi kawasan tersebut. 

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

"Pasar Jaya memang akan melaksanakan revitalisasi pasar blok G. Sementara saat ini Perumda Pasar Jaya cenderung untuk mempercepat proses revitalisasi," ujar Manajer Hubungan Masyarakat, Perumda Pasar Jaya, Agus Lamun saat dikonfirmasi, Rabu, 12 Juli 2023.

Dia mengatakan Pasar Jaya selaku pengelola Pasar Tanah Abang saat ini tengah melakukan pendataan terhadap pedagang dan pelaku usaha lainnya guna mempercepat proses revitalisasi.

Top Trending: Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online karena Bernama Ini, Komika Usir Ibu Menyusui

"Untuk saat ini kami tengah melakukan pendataan para pedagang dan tempat usaha yang merupakan bagian dari proses revitalisasi tersebut," kata Agus.

Pembuatan Lift di Blok G Tanah Abang

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
Aksi Pelemparan Batu Warnai Pembongkaran Pasar Kutabumi Tangerang

"Di mana diharapkan nantinya ke depan pasar menjadi lebih baik dari aktifitas pengunjung maupun kondisi fisiknya," ujarnya.

Sebelumnya, Pasar Tanah Abang Blok G jadi sorotan karena diduga sebagai sarang kriminalitas hingga dijadikan sebagai tempat mengkonsumsi narkoba. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyerahkan persoalan itu kepada PD Pasar Jaya dan Pemerintah Kota Jakarta Pusat.

Heru Budi bicara kemungkinan akan merevitalisasi Pasar Tanah Abang Blok G. Proses tersebut akan dilakukan dan berkoordinasi dengan pengurus Perumda (PD) Pasar Jaya.

"Iya (revitalisasi) pasar, kita lihat nanti PD Pasar Jaya," ujar Heru Budi kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, dikutip Selasa, 11 Juli 2023.

Heru menyampaikan terkait informasi Pasar Tanah Abang Blok G diduga sebagai sarang kriminalitas nanti akan diurus oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat. "Kalau yang masalah kriminal kita suruh Pak Wali Kota," kata dia.

Pihak pengelola Pasar Tanah Abang, Perumda Pasar Jaya menutup lantai 2 dan 3 di Blok G. Adapun tempat tersebut diduga menjadi sarang premanisme hingga menyebabkan kriminalitas.

"Untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya kriminalitas di area lantai 2 dan 3, pengelola Pasar Tanah Abang Blok G sengaja menutup akses ke lokasi," kata Manajer Hubungan Masyarakat, Perumda Pasar Jaya, Agus Lamun saat dikonfirmasi, Sabtu, 8 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya