Tutup di Indonesia, Gerai 7-Eleven Menjamur di Taiwan

Gerai Sevel di Taoyuan, Taiwan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lis Yuliawati

VIVA – Gerai 7-Eleven masih marak di kota-kota di Taiwan. Toko bertebaran di berbagai sudut kota. Mereka buka 24 jam melayani pembeli.

Taiwan Buka Lagi Pariwisata, Siapkan 3 Hal Ini Sebelum Berkunjung

Di Kota Taouyuan dan Chiayi, Taiwan, misalnya. Pantauan VIVA, gerai yang kerap disebut Sevel, tampak di pinggir-pinggir jalan di kota itu. Toko menjual berbagai makanan, minuman, sabun, sampo, dan lainnya. Tersedia juga makanan siap saji seperti nasi beserta lauknya maupun mi instan. 

Menurut Lu Shan Bao, pemandu wisata, gerai 7-Eleven marak di Taiwan. Bahkan, ada toko mereka yang jaraknya tak jauh satu sama lain. "Sevel dekat jaraknya, satu Sevel dengan yang lain jaraknya bisa 200 meter," ujarnya.   

Menang Pemilu, Tsai Ing-wen Kembali Terpilih sebagai Presiden Taiwan

Saat ini, dikutip dari Taiwan News, terdapat 5.222 gerai 7-Eleven di Taiwan. Gerai mulai berkembang pada 2008. Hingga tahun ini, setidaknya bakal ada 40 toko baru. Sejak 2010, Sevel menyediakan area tempat duduk di tokonya.

Adapun di Indonesia, gerai 7-Eleven yang mengusung konsep "Food Store Destination" sempat marak. Bahkan, menjadi salah satu tempat nongkrong anak-anak muda. Sevel hadir sejak 2009 di Indonesia. Hingga September 2016, terdapat 175 gerai sevel di Tanah Air.

Rayu Pelancong Indonesia, Taiwan Pamer Wisata Halal

Namun, seluruh Sevel di Indonesia ditutup sejak 30 Juni 2017. Penutupan tersebut lantaran entitas usahanya di Tanah Air, PT Modern Sevel Indonesia (MSI) tak bisa lagi untuk menutupi biaya operasional Sevel.

Sun Moon Lake, Taiwan.

Alamnya Indah Banget, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Hingga Kulineran di Taiwan

Traveler Content Creative, Kadek Arini, yang  mengunjungi Taiwan pada Desember 2023 lalu, mengakui bahwa Taiwan memiliki alam yang sangat indah. Termasuk kulinernya.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024