Pembangunan Runway III Bandara Soetta Dimulai Juli 2018

Ruang kedatangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu malam, 24 Maret 2018.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Pihak PT Angkasa Pura II menargetkan pembangunan runway III Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang dimulai pada Juli 2018 mendatang.

Tabrakan Pesawat di Bandara Haneda Tokyo, Pesawat Penjaga Pantai Sebenarnya Tak Diizinkan Mendarat

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin mengatakan, pembangunan runway akan dilakukan mulai Juli 2018 hingga Agustus 2019.

"Runway sendiri sampai saat ini masih dalam proses pembebasan lahan yang sudah dilakukan sekitar 60 persen dengan total luas dari 216 hektare saat ini sudah bebas 115 hektare. Dan, kami targetkan selesai pada Desember 2018," katanya, Minggu 15 April 2018.

Pesawat Japan Airlines Terbakar Bandara Haneda, 112 Penerbangan Domestik Jepang Dibatalkan

Nantinya, pembangunan runway III secara bertahap akan dilakukan pada Juli untuk lokasi lahan yang sudah dibebaskan. Sementara itu, untuk anggaran yang disediakan sebesar Rp1,8 Trilliun dengan pembangunan runway tahap pertama akan mencakup pekerjaan geoteknik, perkerasan (pavement), drainase, jembatan dan pagar yang diyakini akan meningkatkan pergerakan pesawat.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan adanya runway III dan pergerakan pesawat yang meningkat, diyakini pula akan meningkatkan jumlah penumpang atau pengguna jasa penerbangan di Bandara Soetta.

Jalan Tol dan Arteri Primer di IKN Nusantara Bisa Jadi Runway Pesawat

"Tak hanya runway, tetapi ada juga taxi way yang semuanya ditargetkan beroperasi pada 2019. Dengan ini kita yakini, pada tahun 2025 Bandara Soetta dapat meningkatkan jumlah penumpang dari 63 juta menjadi 100 juta. Serta, pergerakan pesawat dari 73 menjadi 114 pergerakan per jam," katanya.

Diketahui, Menteri Budi pun memantau proses pengerjaan runway III dan taxi way di Bandara Soetta, Tangerang.

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo

Terbang Pakai ATR Resmikan Bandara Pohuwato, Jokowi Minta Runway-nya Dipanjangin Lagi

Jokowi menilai eksistensi bandara sangat penting untuk bersaing dengan negara lain agar kecepatan mobilitas orang dan logistik lebih baik lagi.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024