Menhub Sebut Jalur Yogya-Solo Butuh Jalan Baru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memantau arus mudik di Bandara Halim
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Kebutuhan akses jalan baru untuk rute Yogyakarta menuju Solo saat ini sudah sangat mendesak. Karena, waktu jarak tempuh pada rute tersebut sudah tidak rasional.

Hutama Karya Mohon Uang Muka Proyek Dikembalikan Jadi 20 Persen

"Apakah jalan alteri, jalan tol atau yang lainnya namun dengan dana pemerintah yang terbatas maka jalan tol yang menjadi alternatif utama," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Yogyakarta, Sabtu 30 Juni 2018.

Budi pun mendorong pembangunan jalan baru di daerah tersebut, khususnya jalan tol. Sehingga konektivitas antara kedua daerah tersebut bisa lebih efisien.

Utang Pemerintah ke Wijaya Karya Capai Rp59 Miliar

"Jarak tempuh Jogja-Solo itu sudah melampaui batas waktu yang ditelorir namun untuk teknis pembangunannya bukan di kita (Kemenhub),"ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini dari Jakarta, Cirebon, Semarang dan Surabaya sudah tersambung dengan jalan tol. Dan sebentar lagi dari selatan yaitu Bandung, Tasik akan menuju Bawen, dan melewati Yogya juga akan tersambung dengan jalan tol.

Penumpang Transportasi Lebih dari 50 Persen Dilakukan Bertahap

"Nah, nanti untuk pembiayaan akan dilakukan study terlebih dahulu oleh Kementerian PU sedangkan Kemenhub hanya terkait kaidah koneksi dari satu kota ke kota yang lainnya,"ucapnya.

Kendaraan pemudik melintasi jalan tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat

Bakal Ada yang Baru di Jalan Tol Cipali, Sudah Tahu?

Jalan tol Cipali akan dilengkapi akses tambahan untuk menuju Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2020