Jokowi Diyakini Sehat Usai Lakukan Tes Corona COVID-19

Presiden Jokowi dan Iriana di Kaimana, Papua Barat.
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Juru Bicara Penanganan Corona COVID-19, Achmad Yurianto menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kondisi sehat setelah menjalani serangkaian tes kesehatan termasuk terkait virus Corona COVID-19. Namun, hasil pemeriksaan tersebut tidak bisa disampaikan kepada publik.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Hal itu dikatakan Yuri sapaan Yurianto, saat diwawancarai oleh Deddy Corbuzier dan diunggah ke YouTube dengan judul 'SAYA EMOSI!! TERNYATA BENAR RS MENOLAK PASIEN CORONA! (No HOAX exclusive kemenkes menjawab)'pada Selasa, 17 Maret 2020.

"Kami meyakini bahwa Presiden sehat, karena kita cek," kata Yuri seperti dikutip dari YouTube.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Namun demikian, Yuri meluruskan sebenarnya pertanyaan yang dilemparkan wartawan untuk Presiden Jokowi itu mengenai bagaimana hasil tes kesehatan terkait virus Corona yang dijalani oleh para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Jawaban pak Presiden, tanya saja sama yang dites. Bukan pertanyaan ke pak Presiden. Saya ada disitu, saya ada di tempat itu waktu Beliau mengatakan. Hasil tesnya tanya saja pada yang ngetes," ujarnya.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Sementara, Yuri mengatakan bahwa Presiden Jokowi dan sejumlah menteri menjalani check up bukan pasien. Sehingga tidak perlu diungkap ke masyarakat terkait hasil pemeriksaan kesehatan yang telah dilakukannya
itu.

"Kita sudah mengatakan dari awal, ini kan general check up bukan pasien. Maka saya tidak punya hak untuk mengungkap. General check up, hasilnya diberikan kepada yang di-check up. Kalau ini pasien, diserahkan ke saya karena saya dokternya," kata dia.

Yuri menambahkan bahwa soal pengujian dan pengumuman terkait Corona harus dilakukan dengan hati-hati. 

"Bagaimana pun juga, kita harus tetap menjaga negara ini dan figur-figur negara. Ini bukan sesuatu yang kemudian kita anggap sepele, ini penting. Kalau sudah seorang pimpinannya dalam keadaan sakit, pasti yang dipimpin morilnya turun, down juga dong," katanya.

Diketahui, Presiden Jokowi mengaku sudah menjalani serangkaian tes kesehatan terkait dengan virus Corona. Tes kesehatan ini menyusul Menteri Perhubungan Budi Karya yang dinyatakan positif terjangkit Corona COVID-19 yang kini dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

"Sudah saya, sudah tes, ibu sudah tes. Hasilnya tanyakan ke yang ngetes," kata Jokowi di Istana Negara pada Senin, 16 Maret 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya