Dikunjungi Presiden Mikronesia, Jokowi Tawarkan Pesawat PT DI

Pesawat N-219 buatan PT DI
Sumber :
  • www.indonesian-aerospace.com

VIVA – Presiden Joko Widodo menawarkan pesawat terbang jenis N-219 kepada Presiden Federasi Mikronesia, Peter M Christian yang tengah berkunjung ke Indonesia.

Gaji-THR Karyawan PTDI Telat Dibayar, Wamen BUMN Buka Suara

Pesawat dua mesin yang diproduksi PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat, itu dinilai cocok untuk keperluan transportasi di Mikronesia yang merupakan negara kepulauan.

"Indonesia menawarkan pesawat N-219 yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia untuk dapat digunakan sebagai pesawat angkut antarpulau," ujar Jokowi dalam pernyataan pers bersama di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu, 18 Juli 2018.

Karyawan PT Dirgantara Indonesia Demo Tuntut Gaji dan THR, Manajemen Buka Suara

Jokowi menyampaikan bahwa Peter akan berkunjung langsung ke Bandung Kamis besok, 19 Juli 2018, guna melihat pesawat yang dimaksud.

Selain itu, Indonesia-Mikronesia juga menyepakati peningkatan kerja sama di bidang maritim serta sektor transportasi. Sementara di bidang ekonomi, kedua negara sepakat untuk meningkatkan hubungan antarpengusaha.

Gaji Karyawan PTDI Dicicil, Begini Penjelasan Erick Thohir

"Dalam kaitan ini saya mengundang federasi pebisnis Mikronesia untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia 2018," ujar Jokowi.

Konsul Kehormatan

Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia juga ingin meningkatkan hubungan diplomatik, salah satunya dengan menunjuk konsul kehormatan untuk Mikronesia. Terakhir, Indonesia menawarkan kesempatan bagi para pelajar Mikronesia untuk mendapat beasiswa dan menuntut ilmu di Tanah Air.

"Untuk meningkatkan hubungan antarmasyarakat, Indonesia juga menawarkan beasiswa dan kerja sama pembangunan di berbagai bidang," ujar Jokowi.

Turut hadir, delegasi pemerintah Mikronesia. Sementara, Indonesia dihadiri Menteri Kopolhukam Wiranto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Sekretaris Negara Pratikno. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya