Soal Keuangan Pertamina Seret, Darmin Tegaskan Negara Tak Diam

Gedung Pertamina Lapangan Banteng.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengakui kesehatan keuangan Pertamina sedikit terganggu lantaran harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak naik. 

Pertamina Tegaskan Pertalite Tetap Disalurkan ke Seluruh Wilayah RI

"Bahwa dia (kesehatan keuangan Pertamina terganggu) karena harga BBM saat ini sedang tidak naik. Tentu keuangannya agak seret," kata Darmin di sela acara perayaan ulang tahun Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Minggu 22 Juli 2018. 

Kendati demikian, Darmin mengatakan, Pemerintah tidak akan membiarkan kondisi itu terjadi begitu saja. Pemerintah saat ini tengah menyiapkan berbagai cara, namun Darmin enggan mengungkapnya. 

Tambah Dua VLGC, Pertamina International Shipping Jadi Top Tier Pengangkut LPG Asia Tenggara

"Pemerintah enggak akan membiarkan begitu saja. Tapi, kita bisa membantu itu, enggak perlu kita umumkan. Jangan you tanya apa itu pak. Adalah caranya," ujar Darmin. 

Menurut Darmin, dengan harga minyak mentah yang naik, maka sebetulnya penerimaan negara juga ikut naik. Meski tak menyebut langsung bahwa akan ada  penambahan subsidi, Darmin mengisyaratkan akan membantu Pertamina melalui penerimaan negara. 

Pertamina dan Polri Tandatangani Kerja Sama Pengamanan Objek Vital Nasional

"Karena pemerintah sebenarnya dengan harga crude oil (minyak mentah) yang relatif tinggi, itu penerimaannya juga naik, kita bisa tutup dengan itu," katanya. 

Pertalite

Kabar Gembira untuk Konsumen BBM Pertalite yang Dijual Rp10 Ribu per Liter

Pertalite menjadi salah satu jenis Bahan Bakar Minyak atau BBM, yang saat ini jadi favorit pengguna kendaraan di Indonesia. Harga jual resminya yaitu Rp10 ribu per liter.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024