Menhub Gandeng Surveyor Indonesia Digitalisasi Jembatan Timbang

Jembatan timbang
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, membuka peluang kerja sama dengan PT Surveyor Indonesia untuk digitalisasi jembatan timbang hingga sertifikasi kapal. PT Surveyor Indonesia diketahui adalah perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang jasa survei, inspeksi, dan konsultasi.

Bandara Internasional RI Dipangkas Jadi 17, InJourney Airports Sambut Positif

Budi mengatakan, Kemenhub mendorong adanya sistem digitalisasi jembatan timbang agar kepatuhan pengguna truk meningkat. Ia mengakui sistem jembatan timbang saat ini masih manual dan butuh perubahan signifikan.

"Saya memang jujur sampaikan apabila dikerjakan manual seperti sekarang yang terjadi pengulangan kekecewaan yang ada pada jembatan timbang itu," kata Budi di Gedung Graha Surveyor Indonesia, Jumat 19 Oktober 2018.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Dengan sistem digitalisasi, maka pemeriksaan truk yang over dimensi dan over load (ODOL) bisa dimonitor dengan lebih cermat. Sebab, pemeriksaan bisa dilakukan dengan sistem digital.

"Ini dua kesempatan bagi Surveyor Indonesia yaitu jembatan timbang dan sertifikasi kapal. Kalau dilakukan dengan cara baru menjadi suatu panggung baik bagi surveyor dan Kemenhub," tuturnya.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Dengan digitalisasi, menhub mengatakan seluruh tindakan pelanggaran bisa terekam dan dipantau oleh sistem pusat. Ia juga yakin truk yang kelebihan beban bisa dipantau secara lebih terukur dengan data yang terkonsolidasi.

"Sehingga bisa memberikan tindakan tertentu," katanya.

Menko PMK Muhadjir Effendy laksanakan salat Id di Kantor PP Muhammadiyah.

Pemerintah Target Perpanjangan Runway Bandara Sinak Papua Selesai 2024

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan target pembangunan dari perpanjangan runway Bandara Distrik Sinak, Papua s

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024