Kementerian PUPR Ajak Anies Bangun Rusun Milenial

Ilsutrasi/Suasana di Rusun Rawa Bebek
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Pemerintah pusat akan mengajak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membangun rumah susun (rusun) yang diperuntukkan bagi kalangan milenial.

Viral Rumah Penampungan Pengungsi Rohingya di Sidoarjo Dirusak Orang Tak Dikenal

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid menyampaikan, Pemerintah Provinsi DKI bisa menyediakan lahan yang selanjutnya menjadi lokasi pembangunan rusun.

"Kalau mereka (Pemerintah Provinsi DKI) masih punya tanah, kita bangun rusun milenial," ujar Khalawi di Tulungagung, Jawa Timur, Kamis, 3 Januari 2019.

Atap Ambruk, Pemprov DKI Ungkap Rusun Marunda Blok C Sudah Tak Layak Huni

Adapun, pembangunan rusun merupakan strategi pemerintah mengakomodasi perkembangan generasi muda itu. Menurut Khalawi, rusun akan disewakan dengan harga murah, lantas penghuninya bisa menggunakannya juga untuk mengembangkan usaha ekonomi kreatif.

"Untuk milenial pemula, saya kira hunian berupa apartemen sewa atau rusunawa itu lebih pas. Sewanya sudah murah ya, kemudian dia bisa usaha. Dari laptop satu saja sudah bisa menghasilkan uang," ujar Khalawi.

Warga Gusuran JIS Ditawarkan Pemprov DKI Tinggal di Rusun Nagrak

Para milenial selanjutnya diharapkan memiliki penghasilan yang cukup juga untuk pada akhirnya memiliki hunian milik sendiri. Pemerintah Provinsi DKI akan diajak bekerja sama dengan pertimbangan Jakarta merupakan salah satu tempat utama di mana ekonomi bergerak cepat dan dinamis.

"DKI itu sentral dari semua kegiatan (di Indonesia)," tutur Khalawi. (art)

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Pemprov DKI Bakal Bangun Rusun di Tanjung Priok untuk Warga Eks Kampung Bayam

Rusun untuk warga Kampung Bayam akan mulai dibangun pada 2025.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024