Ekonom Senior Tony Prasetiantono Meninggal Dunia

Almarhum Ekonom Senior, A. Tony Prasetiantono.
Sumber :
  • Dok. UGM

VIVA – Ekonom Senior dan Staf Pengajar Fakultas Ekonomika dan Bisnis, A. Tony Prasetiantono, meninggal dunia. Kabar duka itu disampaikan oleh Ketua Harian Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada atau Kagama, yang juga Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Keputusan Gojek Konsolidasi Bisnis Dinilai Rasional

"Innalillahi wa innailaihi raji'un, telah meninggal dunia Bapak A. Tony Prasetiantono (Staf Pengajar Fakultas Ekonomika dan Bisnis)," kata dia melalui pesan singkatnya, Kamis 17 Januari 2019.

Budi mengatakan, Tony menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu malam, 16 Januari 2019, pukul 23.30 WIB di RS MMC, Jakarta. Hingga saat ini, penyebab meninggalnya Tony belum dapat dipastikan.

BI Diperkirakan Tidak Utak-atik Suku Bunga Acuan 4,5 Persen

"Sampai saat ini, jenazah berada di Jakarta dan pagi ini, 17 Jan 2019, direncanakan
tiba di Yogya. Semoga Keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. Amin," ungkapnya.

Budi mengatakan, rencananya, jenazah disemayamkan di rumah duka yang beralamat di Kompleks Pesona Merapi Blok J78, Sleman, DI Yogyakarta.

Menakar Dampak Pelonggaran Kebijakan BI Terhadap Ekonomi RI

Tony Prasetiantono merupakan dosen tetap Fakultas Ekonomi UGM sejak 1986, serta menjabat Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik UGM.

Di bidang akademik, ia telah meraih gelar MSc dari University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat pada 1991 dan PhD dari Australian National University, Canberra pada 2005. 

Sementara itu, di luar akademik, Tony pernah menjabat komisaris independen PT Bank Mandiri Tbk, dari 2003 hingga 2005, serta Chief Economist PT Bank Negara Indonesia Tbk, sejak September 2006.

Tahun 2009, pria yang lahir di Muntilan, Jawa Tengah ini juga sempat menduduki posisi Dewan Redaksi di Majalah Prisma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya