Terminal 2F Bandara Soetta Resmi Khusus Maskapai Murah Mulai Mei 2019

Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta.
Sumber :
  • Angkasa Pura II.

VIVA – Indonesia akhirnya memiliki terminal khusus bagi maskapai penerbangan berbiaya murah atau disebut dengan low-cost carrier terminal atau LCCT. Pada Rabu 1 Mei 2019, Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta, akan mulai beroperasi sebagai LCCT yang khusus melayani penerbangan internasional. 

Layanan PCR dan Antigen di Bandara Soetta Tetap Dibuka

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin mengatakan, LCC Terminal 2F membuat Soekarno-Hatta bisa lebih memperluas konektivitas dan pangsa pasar, khususnya di segmen penerbangan berbiaya murah. 

“Segmen LCC tumbuh cukup pesat di seluruh dunia, termasuk di Asia Tenggara, dan Soekarno-Hatta bersiap untuk meraih pasar itu,” ujar Awaluddin dikutip dari keterangan resminya, Jumat 26 April 2019. 

Penumpang Domestik di Bandara Soetta Masih Wajib Antigen

Dia menjabarkan, penumpang LCC khusus rute internasional di Soekarno-Hatta pada 2018, mencapai sekitar 30 persen dari total penumpang rute internasional 15,5 juta orang.

Jumlah tersebut terus tumbuh, di mana year-to-date periode 1 Januari-24 April 2019, tercatat 1,34 juta orang atau naik hampir dua persen dibandingkan dengan 1 Januari-24 April 2018, sebanyak 1,32 juta orang.

Polres Bandara Tangkap Peretas PeduliLindungi dan Pemalsu Hasil Swab

Sementara itu, pergerakan pesawat pada 1 Januari-24 April 2019 mencapai 9.604 pergerakan atau naik 5,03 persen dibandingkan dengan 1 Januari-24 April 2018.

“Penerbangan murah menjadi tren di kalangan traveler, khususnya mereka yang termasuk generasi milenial. Di Soekarno-Hatta sendiri, sekitar 60 persen penumpang pesawat adalah generasi milenial,” tambahnya.

Lebih lanjut, menurutnya, LCC Terminal 2F sendiri merupakan bagian dari revitalisasi menyeluruh di Terminal 2.

“Saat ini, Terminal 2 berkapasitas sembilan juta penumpang per tahun, setelah revitalisasi usai pada 2022, maka kapasitas akan bertambah menjadi 24 juta penumpang per tahun," ungkap Awaluddin.

Total nantinya terdapat delapan LCC yang melayani rute internasional dari LCC Terminal 2F. Seiring dengan itu, dilakukan relokasi operasional maskapai di Soekarno-Hatta, sebagai berikut: 

• AirAsia rute internasional dari saat ini Terminal 2D 

• Cebu Pacific dari saat ini Terminal 2D

• Lion Air Group (Lion air, Thai lion, Malindo) rute internasional dari saat ini Terminal 2D

• Jetstar Asia dari saat ini Terminal 3 pindah 

• Sriwijaya Air dari saat ini Terminal 2F 

• AirAsia rute domestik dari saat ini Terminal 2F 

"Selain itu, Citilink dan Tiger Scoot juga nantinya menyusul akan pindah ke Terminal 2F kemudian," ungkapnya. (asp0

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya