Soa Harga Tiket Pesawat, BUMN Penerbangan Ikut Regulator

Maskapai Garuda Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVA – Persoalan mahalnya harga tiket pesawat, sejak awal tahun terus menjadi polemik. Apalagi menjelang Lebaran, harga tiket pesawat tak kunjung turun dan justru terus melambung tinggi. 

Menhub Ingatkan soal Harga Tiket Pesawat, Ini Penjelasan Dirut Garuda

Menanggapi hal tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengatakan, pihaknya dan BUMN penerbangan yang berada di bawah kementeriannya akan mengikuti regulator harga tiket, yaitu Kementerian Perhubungan. 

"Kita ikut regulator saja, saya sebagai Menteri BUMN, kami itu membawahi para pelaku, yaitu perusahaan-perusahaan. Kita mengikuti regulator, bagaimana keputusan regulator," kata Rini di Jakarta, Jumat 10 Mei 2019. 

Bos Lion Air Jawab Teguran KPPU soal Harga Tiket Pesawat Mahal saat Lebaran

Saat ini, Kementerian Perhubungan masih mengkaji untuk menurunkan tarif batas atas tiket pesawat.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pembahasan harga tiket pesawat itu sudah dilakukan dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution dan menteri terkait. 

Mendagri Minta Maskapai Tak Aji Mumpung Patok Tarif Pesawat Jelang Lebaran 

Budi mengatakan, satu-satunya cara untuk menurunkan harga adalah menurunkan tarif batas atas. Karena itu, pihaknya akan melakukan pembahasan perhitungan dasar-dasar harga tiket pesawat. Ia pun berjanji, keputusan itu akan diambil pada awal pekan depan.

"Yang akan saya laporkan ke Menteri Perekonomian itu pada hari senin (pekan depan), di mana tarif batas atas itu akan kita turunkan," kata Budi, beberapa waktu lalu. 

Terkait seberapa besar penurunan harga tiket pesawat tersebut, Budi masih enggan membeberkan. Namun, dia berjanji, harga tiket pesawat akan turun. "Ya, kalau besarnya tunggu ya, tetapi pasti diturunkan," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya