Kebakaran Kabel Dekat Istiqlal, PLN: Diduga Ada Upaya Pencurian Kabel

Petugas PLN memeriksa fasilitas pasokan listrik. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Terkait asap yang keluar dari gorong-gorong di depan Masjid Istiqlal atau di sebelah barat Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, pihak PLN langsung melakukan pengecekan bersama Polsek Sawah Besar, pihak PJU dan Damkar pada malam tadi, Minggu 25 Oktober 2020.

Jadi Contoh Toleransi, Terowongan Penghubung Istiqlal dan Katedral Jadi Sorotan Dunia

Baca Juga: Ramai Save Komodo, PUPR: Proyek Jurassic Park Tetap Lindungi Komodo

Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Emir Muhaimin, mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, diduga asap berasal dari kabel jurusan atau kabel opstyg arah gerai ATM Kementerian Agama yang terbakar.

Imam Besar Istiqlal Ucapkan Selamat kepada Prabowo jadi Presiden Terpilih

"Pemicunya, diduga oleh upaya pencurian kabel, karena kami menemukan linggis di lokasi. Aksi vandalisme dan upaya pencurian itu mengakibatkan kabel terkelupas," kata Emir, melalui keterangan tertulisnya, Senin 26 Oktober 2020.

Sebelumnya diberitakan, terjadi kepulan asap dari gorong-gorong dekat Masjid Istiqlal, tepatnya di sebelah barat Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Asap yang keluar dari gorong-gorong itu membuat panik sejumlah warga sekitar dan yang melintas.

6 Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya Kebanggaan Indonesia

Kapolsek Sawah Besar Kompol Eliantoro, ketika dihubungi VIVA mengungkapkan bahwa tidak ada ledakan di lokasi tersebut. Tetapi, terjadi bunyi seperti ledakan yang diakibatkan oleh kebakaran kabel di gorong-gorong di sebelah barat Lapangan Banteng. 

"Sudah ditangani PLN dan Damkar. Dari Polsek juga ikut mendampingi. Tidak ada ledakan, tapi kebakaran kabel di dalam gorong-gorong yang menyebabkan asap tebal," ujar Eliantoro, Minggu 25 Oktober 2020. (art)

Suasana di Masjid Istiqlal saat menjelang salat ied Idul Fitri (ilustrasi).

Polisi Imbau Warga Datang Lebih Awal Jika Hendak Salat Id di Masjid Istiqlal

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Purnomo Condro mengimbau masyarakat untuk berangkat lebih awal jika hendak melakukan Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024