Ketika Kopi Nusantara Jadi Primadona di Istanbul

Kopi Asal Indonesia di Pameran Coffex Istanbul 2021.
Kopi Asal Indonesia di Pameran Coffex Istanbul 2021.
Sumber :
  • Dok. KJRI Istanbul

VIVA – Kopi Indonesia dengan tagline Heaven of Specialty Coffee sukses menarik perhatian pengunjung dan pelaku usaha pada Coffex Istanbul 2021. Ada sebanyak 20 jenis kopi Indonesia ditampilkan dalam pemeran tersebut.

Konjen RI di Istanbul, Imam As’ari mengatakan KJRI Istanbul memfasilitasi 4 pelaku usaha kopi Indonesia, yaitu Java Preanger Lestari Mandiri, Komunitas Eksportir Muda Indonesia Turki, Entur Coffee, dan Ephraim Coffee Indonesia.

Para partisipan di Pavilion Indonesia tersebut menampilkan lebih dari 20 kopi specialty Indonesia yang memiliki cita rasa yang beragam serta beberapa produk teh dan gula merah. 

Baca juga: Akhirnya Penebar Ranjau Paku di Gatsu Tertangkap, Ini Tampangnya

Selain itu, beberapa dari kopi specialty dan commercial Indonesia, seperti Luwak Coffee, Java Preanger, Honey Coffee, Temanggung Robusta, Bogor Paseban Robusta, Java Ijen, Bali Belantih Kintamani, Sumatera Arabika Gayo, Lombok Arabica dan Robusta, Java Mekar Wangi dan Java Orange sukses merebut perhatian pengunjung dan pemburu biji kopi internasional selama Coffex Istanbul 2021.

"Tahun ini merupakan pertama kalinya Indonesia berpartisipasi dalam Coffex Istanbul 2021 dan langsung menjadi Focus Country," kata Imam As’ari dalam keterangan tertulisnya, Jumat 24 September 2021.

Ia menuturkan, pasar kopi Turki menjanjikan dan terus alami peningkatan. Ragam varian kopi dari Jawa, Sumatera dan beberapa jenis kopi Indonesia lainnya sudah masuk di pasar Turki, namun belum dikenal sebagai kopi Indonesia. Potensi pasar inilah yang sedang ditembus oleh KJRI Istanbul.