Ditanggal Sakral Sri Mulyani Resmi Luncurkan Meterai Elektronik

Ilustrasi meterai Rp6.000.
Ilustrasi meterai Rp6.000.
Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id

VIVA – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan resmi meluncurkan meterai elektronik Jumat, 1 Oktober 2021. Ini sesuai dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020.

Dibekali teknologi digital signatur X.509 SHA 512, meterai elektronik ini tersedia melalui portal e-meterai yang memungkin setiap individu dapat memesan langsung meterai elektronik.

Saat meresmikan peluncuran ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, melalui UU tersebut pengenaan bea meterai terhadap dokumen elektronik mulai diperkenalkan.

Baca juga: Kangen Liburan? Yuk Cuci Mata dengan Panorama Indah di Jalan Tol Ini

"Peluncuran meterai elektronik atau e-meterai pada tanggal yang juga merupakan tanggal sakral, yaitu 1 Oktober 2021 Hari Kesaktian Pancasila," kata dia di Kantor Ditjen Pajak hari ini.

Sri pun menegaskan, sejak UU tersebut diterbitkan, masyarakat juga sudah mengenal yang namanya dokumen elektronik sebagai bagian dari perkembangan pesat teknologi digital.

Oleh sebab itu, dia menekankan, banyak transaksi yang memiliki nilai atau uang dalam jumlah signifikan beralih di dalam platform digital sehingga meterainya harus mengimbangi untuk memudahkan layanan.