EMI Gabung ke PLN Jadi Bagian dari Transformasi Energi Terbarukan

Erick Thohir dapat gelar dulur Baduy dari masyarakat adat Baduy
Erick Thohir dapat gelar dulur Baduy dari masyarakat adat Baduy
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pemerintah secara resmi mengalihkan seluruh saham seri B negara pada PT Energy Management Indonesia (Persero) atau EMI ke PT PLN (Persero).

Hal ini juga menandai bergabungnya EMI sebagai anak perusahaan PLN dan ke dalam PLN Group guna mendukung inisiatif dekarbonisasi menuju green economy.

"Saya menyambut baik penggabungan EMI sebagai anak perusahaan PLN, sebagai bagian dari transformasi BUMN khususnya transformasi energi terbarukan yang dilakukan oleh PLN," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya, Jumat 22 Oktober 2021.

Erick menambahkan, langkah ini juga membuktikan bahwa Kementerian BUMN masih terus melakukan efisiensi di BUMN termasuk dengan bergabungnya EMI ke dalam ekosistem PLN tersebut.

"Tetapi jelas sekali EMI juga mengubah bisnis modelnya sebagai bagian dari auditing system untuk energi hijau. Ini yang sangat menarik karena PLN juga ikut bertransformasi, dan saya rasa ini menjadi ekosistem yang penting," ujarnya.

Kehadiran EMI sebagai anak usaha PLN diharapkan Erick dapat memperkuat transformasi energi bersih, sekaligus mengakselerasi green economy atau ekonomi hijau untuk Indonesia. Ekonomi hijau sendiri adalah suatu gagasan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat, sekaligus mengurangi risiko kerusakan lingkungan secara signifikan.

Menurut Erick, sebagai perwujudan dari energi terbarukan, PLN harus mulai menata ulang proses bisnis yang disesuaikan dengan eco lifestyle yang akan terjadi di masyarakat. Dengan demikian, masyarakat akan bisa beradaptasi dengan perubahan energi terbarukan yang sedang dilakukan.