Luhut: Sirkuit Mandalika Memenuhi Syarat untuk Formula 1

Sirkuit Mandalika
Sumber :

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah memenuhi syarat untuk menyelenggarakan ajang sekelas Formula 1.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Menurut dia, fasilitas jalan aspal di Sirkuit Mandalika sudah lebih dari layak untuk menghelat Fomula 1.

"Mengenai Formula 1 tadi saya sudah tanyakan. Kualitas aspal (Sirkuit Mandalika) ini sudah melebihi Formula 1," kata Luhut di Sirkuit Mandalika, Minggu, 21 November 2021.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Photo :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

Luhut hadir di Mandalika ditemani tokoh senior sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie. Selain itu, ada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Mereka juga menyaksikan World Superbike (WSBK).

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Dia mengatakan, untuk saat ini hanya beberapa bagian sirkuit yang memang masuh perlu perbaikan. Namun, ia menekankan untuk lintasan sudah memenuhi syarat.

"Ini sebenarnya tinggal kita perbaiki sana sini itu. Sudah qualified (memenuhi syarat) untuk Formula 1," ujarnya.

Sebelumnya, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud menawarkan Mandalika untuk menjadi tuan rumah balapan ajang  Formula 1. Salman terpukau dengan kondisi Sirkuit Mandalika.

Menurut Luhut, bila Mandalika bisa menjadi tuan rumah Formula 1 maka NTB akan tambah maju.

"Jadi, tinggal kita nanti melihat saja peluangnya. Untuk Formula 1 bagaimana. Jadi, tempatnya Pak Gubernur tambah hebat," katanya.

Luhut bilang, perhelatan WSBK 2021 dan MotoGP 2022 sebagai inisiasi pemerintah karena peduli terhadap masyarakat NTB khususnya di Lombok.

"Jadi, kita akan mulai dari yang paling atas sampai ke rakyat jelata bisa terlibat. Jadi, jangan bilang pemerintah tidak perhatikan. Pemerintah perhatikan dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas," jelas Luhut.

Sebelumnya, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah membenarkan jika ada tawaran Raja Salman soal Mandalika jadi tuan rumah Formula 1. Dia bersyukur sekali jika Indonesia mendapat penawaran seperti itu. 

"Alhamdulillah, memang Indonesia sudah ditawari oleh Raja Salman untuk menjadi tuan rumah Formula 1 dan permintaanya digelar di Sirkuit Mandalika," kata Zulkiflimansyah, Kamis, 18 November 2021.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya