Perintah Jokowi ke Menhub Usai Resmikan Bandara Trunojoyo Madura

Presiden Jokowi di Bandara Trunojoyo, Madura.
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Trunojoyo yang berlokasi di kecamatan Sumenep, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Jokowi datang bersama Prabowo Subianto dalam peresmian tersebut.

Gerindra Sebut Jokowi Dimungkinkan Jadi Penasihat Presiden Terpilih Prabowo

"Pada pagi hari ini saya resmikan Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur," kata Jokowi dalam telekonferensi di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu 20 April 2022.

Presiden menambahkan, karena sudah hampir menjelang hari raya Idul Fitri, dia pun meminta kepada Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, untuk mengusahakan agar ada penerbangan yang beroperasi dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Jakarta ke Sumenep melalui Bandara Trunojoyo ini.

Dirjen Ingin Petugas Imigrasi RI juga 'Ngantor' di Bandara Saudi saat Kepulangan Jemaah Haji

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 20 April 2022: Global dan Antam Amblas

"Untuk kita coba apakah penuh atau tidak penuh penumpangnya. Menurut saya penuh, insya Allah penuh," ujarnya.

Kloter 1 Embarkasi Surabaya Terbang ke Tanah Suci, Pj Gubernur Ingatkan Momen Istimewa Ibadah Haji

Selain itu, Presiden juga meminta agar Bandara Trunojoyo ini bisa dimanfaatkan dan dijaga sebaik-baiknya, untuk meningkatkan daya saing daerah, menggerakkan perekonomian masyarakat agar membuat masyarakat lebih sejahtera.

"Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep Madura ini telah selesai dibangun dan siap untuk dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura, dan pulau-pulau lainnya di sekitar Madura," kata Jokowi.

Jokowi dan Prabowo resmikan Bandara Trunojoyo, Madura.

Photo :
  • istimewa

Presiden menegaskan, bandara ini akan sangat penting untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Madura, dan membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar Pulau Madura.

Bandara ini juga akan memakan waktu tempuh yang singkat dari pulau-pulau di sekitar Pulau Madura, yang jika menggunakan kapal laut memerlukan waktu berhari-hari namun sekarang dengan menggunakan pesawat terbang hanya perlu waktu tempuh satu jam saja.

"Saya yakin dengan konektivitas yang semakin baik, mobilitas masyarakat akan semakin mudah dan semakin lancar, dan titik-titik perekonomian baru akan tumbuh. Usaha-usaha baru juga akan bermunculan dan kesempatan kerja baru juga akan bertambah. Di samping itu usaha-usaha yang sekarang sudah ada juga akan semakin berkembang dan akan semakin maju," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya