Asyik! Perusahaan Ini Berikan Cuti bagi Karyawan yang Ulang Tahun

Ilustrasi meniup kue ulang tahun
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bisnis – Setiap perusahaan pasti sudah menerpakan kebijakan cuti bagi para karyawannya. Tapi siapa sangka, hanya beberapa perusahaan saja yang ada di dunia memberikan cuti yang dapat memengaruhi tingkat kenyamanan karyawannya.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Pemberian cuti pada karyawan tentu sangatlah penting. Hal tersebut lantaran, bisa memengaruhi tingkat produktivitas serta kenyamanan selama bekerja.

Tidak hanya berguna untuk menurunkan tingkat turnover karyawan di sebuah perusahaan, cuti juga menjadi penting dalam usaha perusahaan menjaga kesejahteraan karyawan. Dengan adanya kebijakan cuti yang diberikan perusahaan, para karyawan akan lebih bersemangat dalam menjalankan pekerjaannya.

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

Ilustrasi perusahaan.

Photo :
  • Welp Magazine

Kebijakan itulah yang diterapkan oleh Algoritma Data Science School. Algoritma Data Science School, yang merupakan pusat pendidikan terkait data science, memberikan birthday leave atau cuti bagi karyawannya yang berulang tahun.

Gak Minta Kado, Maxime Bouttier Ngarep Quality Time Bareng Luna Maya di Hari Ulang Tahunnya

"Program cuti ini akan berlaku mulai tanggal 1 Agustus 2022 dimana siapapun yang berulang tahun boleh mengambil cuti 1 hari di hari ulang tahunnya dan menghabiskan hari spesial bersama keluarga, sahabat, dan orang tersayang dengan tenang tanpa terganggu dengan urusan pekerjaan," kata Direktur Algoritma Data Science School Nayako Wicaksono, melansir dari unggahan Instagram milik Indozone.id.

Di mana, perusahaan ini ingin menunjukkan perhatian dan penghargaan secara personal kepada seluruh karyawannya melalui Birthday Leave ini. Ini juga sebagai bentuk keloyalitasan para karyawannya di perusahaan tersebut.

Ilustrasi merayakan ulang tahun.

Photo :
  • Instagram/fokahah

“Birthday Leave ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kami dengan apa yang telah mereka berikan kepada perusahaan. Memberikan karyawan waktu untuk merayakan hari penting bersama keluarga seperti ini sangat penting untuk menunjang kehidupan kerja yang seimbang (work-life balance) bagi karyawan," imbuhnya.

Sebelumnya, perusahaan juga membuat kebijakan memberi kue ulang tahun kepada karyawan yang berulang tahun. Saat WFH, kue akan dikirimkan ke rumah karyawan tersebut.

"Interaksi-interaksi positif yang tercipta di lingkungan kerja dalam momen ulang tahun seperti ini dapat mempengaruhi ikatan emosional karyawan pada perusahaan," ucapnya.

Diketahui, berdasarkan survei The Corporate Executive Board terhadap 50 ribu karyawan di berbagai perusahaan di dunia, karyawan yang merasakan work-life balance akan bekerja 21% lebih keras dibandingkan mereka yang tidak merasakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya