Pasokan Gas Eropa Tipis, Harga Batu Bara Agustus Naik ke US$321,59

Ponton besar bermuatan ribuan ton batu bara. (Ilustrasi)
Ponton besar bermuatan ribuan ton batu bara. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA/MTohamaksun.

VIVA Bisnis – Harga batu bara acuan pada Agustus 2022 ditetapkan US$321,59 per ton atau mengalami kenaikan US$2,59 dibandingkan Juli 2022. Hal itu, dipengaruhi oleh kondisi pasokan gas di Eropa.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan kondisi pasokan gas di Eropa mempunyai pengaruh besar dalam menentukan kenaikan harga batu bara acuan (HBA) pada Agustus 2022 menjadi US$321,59 per ton.

"Harga gas alam cair di Eropa terus merangkak naik menyusul ketidakpastian pasokan gas. Bahkan, beberapa negara Eropa mengaktifkan kembali pembangkit listrik batu baranya guna mengantisipasi adanya krisis listrik," kata Agung dalam keterangan tertulisnya dilansir Antara, Rabu 3 Agustus 2022.

Baca juga: Pertamina Dibandingkan dengan Petronas, Erick Thohir Angkat Bicara

Selain itu, faktor lain yang turut memengaruhi HBA, lanjut Agung, adalah adanya lonjakan permintaan batu bara dari Tiongkok, India, dan Korea Selatan. 

"Hal ini terjadi lantaran Rusia menawarkan diskon harga batu bara," tegasnya.

Harga batu bara sepanjang 2022 konsisten mengalami kenaikan. Pada Januari 2022, HBA masih 158,50 dolar/ton, lalu naik menjadi 188,38 dolar/ton pada Februari 2022.