BI: Implementasi QR Code Antara RI-Singapura Dimulai Semester II 2023

Fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang tersedia di BRImo.
Sumber :

VIVA Nasional – Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan QRIS Antarnegara, yang dapat dipakai di empat negara Asean yakni Thailand, Malaysia, Filipina, dan Singapura. Mulai Senin 29 Agustus 2022 kemarin, pemanfaatan QR Code antarnegara Indonesia dan Thailand bahkan sudah mulai diimplementasikan secara penuh.

Momen Prabowo Ditarik Wakil PM Singapura Lawrence Wong di Istana Bogor

Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) BI, Filianingsih Hendarta berharap, upaya implementasi QR Code Antarnegara selanjutnya bisa diimplementasikan antara Indonesia dengan Singapura.

Untuk menuju ke arah tersebut, Filianingsih memastikan bahwa saat ini pemerintah Indonesia sudah melakukan inisiasi upaya kerja sama dengan pemerintah Singapura. Nantinya, upaya itu akan diikuti dengan tahap development, piloting, hingga kemudian QR Code Indonesia-Singapura bisa diimplementasi sesuai rencana pada semester II-2023.

BI Tegaskan Biaya Layanan QRIS 0,3 Persen Ditanggung Pedagang Bukan Konsumen

Baca juga: Besok Hari Terakhir Beli Pertalite Secara Bebas? Ini Kata Pertamina

"Mudah-mudahan untuk implementasi QR antarnegara dengan Singapura, kita bisa lakukan di semester II-2023," kata Filianingsih dalam telekonferensi, Selasa 30 Agustus 2022.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Dia menjelaskan, pemanfaatan QR Code antarnegara Indonesia dan Thailand yang sudah diimplementasikan secara penuh mulai Senin 29 Agustus 2022 kemarin, merupakan hasil dari upaya piloting yang telah dilakukan kedua negara sejak 17 Agustus 2021.

"Dengan Thailand kita sudah melakukan piloting ini sejak 17 Agustus 2021. Jadi setelah piloting satu tahun, saat ini kita sudah melakukan implementasi QR antarnegara (Indonesia-Thailand)," ujar Filianingsih.

QRIS

Photo :
  • BI.go.id

Dia menambahkan, hal tersebut merupakan langkah pertama, di mana ke depan nantinya kerja sama tersebut juga akan diperluas. Saat ini, pemerintah masih melakukan proses piloting dengan Malaysia, seiring langkah inisiasi yang juga tengah dilakukan kepada pemerintah Singapura.

Dengan QR Code antarnegara Indonesia dan Thailand itu, maka artinya bahwa turis Thailand yang datang ke Indonesia bisa menggunakan aplikasi QR-nya untuk melakukan scan QR Code di seluruh merchant yang ada di Indonesia.

"Dan sebaliknya juga, nanti kalau turis Indonesia pergi ke Thailand, kita bisa menggunakan QRIS kita dan men-scan QR Code Thailand di merchant-merchant yang ada," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya