Diprediksi Ramai, AirAsia Diminta Buka Rute Silangit-Batam

Peresmian penerbangan perdana AirAsia rute Jakarta-Silangit.
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham.

VIVA Bisnis – Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan berharap agar AirAsia Indonesia dapat membuka rute penerbangan Silangit-Batam dan Batam-Silangit. Hal tersebut diminta Nikson kepada CEO Capital A yang merupakan induk Group dari maskapai AirAsia Indonesia, Tony Fernandes dan Direktur Utama AirAsia, Veranita Yosephine Sinaga saat acara peresmian penerbangan perdana AirAsia Indonesia rute Jakarta-Silangit.

Gunung Ruang Sulawesi Erupsi, Maskapai AirAsia Batalkan 21 Penerbangan Rute Malaysia

Nikson mengatakan, banyak masyarakat Tapanuli Utara yang tinggal di Provinsi Batam. Ada sekitar 30 ribu masyarakat yang melakukan bisnis dan bekerja di Provinsi yang dekat dengan Negara Singapura itu. Sayangnya, kata dia, tak ada rute yang instan, karena hal itu memiliki potensi besar untuk maskapai AirAsia Indonesia.

Selain itu, kata Nikson, itu baru warga Tapanuli Utara yang terdata di Provinsi Batam. Dia juga menambahkan ada sekitar 300 ribu masyarakat Tapanuli Raya yang tinggal di Batam. 

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

"Sudah ada permohonan dari masyarakat Tapanuli Raya kepada saya, agar dibuka penerbangan Silangit-Batam, Batam-Silangit. Ada kurang lebih di sana (Batam) warga Tapanuli Utara ada 30 ribu orang, berdasarkan data, baru Tapanuli Utara saja. Ini semua rata-rata pebisnis dan pekerja. Apalagi ditambah Tapanuli Raya barangkali bisa 300 ribu warga yang disana, jadi cukup berpotensi," kata Nikson dalam keterangannya di Tapanuli Utara, Jumat 2 September 2022.

Peresmian penerbangan perdana AirAsia rute Jakarta-Silangit.

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham.
Mau Traveling ke Negara Asean? Ada Promo Terbang Gratis Sepuasnya Hingga Diskon Hotel

Pada kesempatan yang sama, Nikson juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak AirAsia Indonesia atas dibukanya rute penerbangan Jakarta-Silangit dan Silangit-Jakarta. Dengan demikian, kini masyarakat Tapanuli Utara bisa memiliki akses yang lebih terbuka, bukan hanya ke Medan, tapi juga ke berbagai daerah. 

Nikson berharap, agar penerbangan Batam-Silangit dan Silangit-Batam dapat dibuka. Dia mendukung segala pembangunan di berbagai sektor untuk kemajuan Kabupaten Tapanuli Utara. 

"Saya berharap pak Fernandes mempertimbangkan itu sebagai bukti cinta Pak Fernandes kepada warga Batak. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada pihak AirAsia Indonesia yang sudah memajukan Tapanuli Utara," kata Nikson.

Sebelumnya, maskapai AirAsia Indonesia yang merupakan bagian usaha dari Group Capital A, membuka rute penerbangan perdana dari Jakarta-Silangit dan mulai beroperasi pada hari ini, Jumat 2 September 2022. Silangit merupakan wilayah yang bertempat di Kabupaten, Tapanuli Utara, Medan, Sumatera Utara. 

CEO Capital A, Tony Fernandes mengatakan sangat bangga kepada Kabupaten Tapanuli Utara, khususnya Silangit yang menjadi rute penerbangan perdana penerbangan maskapai AirAsia Indonesia. 

"Bangga dengan Silangit ini adalah area yang luar biasa. Dulu kita pernah coba tapi terkendala pandemi. Kita menghabiskan 2 tahun setengah. Potensial Danau Toba sebagai favorit destinasi dua tahun kita berat waktunya berat," kata Tony dalam sambutannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya