Ekonomi Mulai Pulih, Properti di Karawang Kian Diburu

Ilustrasi bisnis properti
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA Bisnis – Kota Karawang di Jawa Barat disebut akan menjadi kota metropolitan baru yang sangat prospektif. Pengembangan wilayah di Karawang dinilai sudah semakin baik, seiring dengan pemulihan ekonomi nasional saat pandemi COVID-19 mulai mereda.

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Marketing Director PT Agung Podomoro Land Tbk, Agung Wirajaya meyakini bahwa pengembangan produk-produk properti di wilayah Karawang akan turut mendorong investasi properti di wilayah tersebut.

"Terbukti, setiap produk properti yang diluncurkan oleh Agung Podomoro selalu diminati pasar," kata Agung dalam keterangannya, Kamis 15 September 2022.

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Ilustrasi proyek perumahan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Perekonomian di Karawang tercatat menjadi salah satu faktor utama untuk melihat betapa prospektifnya sektor properti di sana. Realisasi investasi di Karawang yang meningkat menjadi Rp 26,63 triliun atau 111,16 persen pada 2021, berdampak terhadap meningkatnya jumlah serapan tenaga kerja hingga jumlah ekspatriat di wilayah tersebut.

Ekonom Proyeksikan BI Bakal Kembali Tahan Suku Bunga Acuan 6 Persen

Agung menilai, potensi Karawang untuk naik kelas secara jangka panjang sudah sangat terbuka lebar. Salah satu indikatornya yakni dengan semakin banyaknya ekspatriat dari berbagai negara, seiring dengan realisasi investasi dari perusahaan kelas dunia di Karawang.

"Praktis kebutuhan akan hunian yang nyaman dan berkualitas makin dibutuhkan," ujarnya.

Ikut menangkap peluang tersebut, PT Agung Podomoro Land Tbk kembali mengembangkan proyek properti di wilayah Karawang, yakni Podomoro Parkland. Proyek ini merupakan kawasan mandiri terintegrasi yang merepresentasikan Living in Style, kehidupan modern, elegan, dan sophisticated.

Agung mengatakan, kawasan ini akan melengkapi ekosistem industri properti, dan dapat meningkatkan outlook positif investasi properti di Karawang. "Karawang is The Future adalah inisiasi besar yang Agung Podomoro hadirkan, sebagai komitmen kami dalam menghadirkan produk yang selalu adaptif dan solutif sesuai dengan kebutuhan masyarakat masa kini," kata Agung.

Dia menyatakan, keputusan manajemen untuk memilih Karawang sebagai investasi properti adalah karena kawasan ini didukung pembangunan infrastruktur yang masif. Peningkatan investasi di Indonesia termasuk Karawang, akan serta merta meningkatkan harga properti di wilayah tersebut.

Apalagi, Presiden Jokowi sebelumnya sudah menyatakan bahwa Karawang memiliki peran sangat sentral sebagai akses dan pusat perekonomian baru di luar Jakarta. 

"Karenanya, Agung Podomoro siap berkolaborasi dengan Pemerintah Karawang dan pihak swasta lainnya, untuk terus berinovasi properti dan memperkuat ekonomi Karawang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya