Menhub Tegaskan Kendaraan Listrik Jadi Moda Transportasi Utama di IKN Nusantara

Menhub Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub.

VIVA Bisnis – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menegaskan, nantinya pemanfaatan kendaraan listrik akan menjadi moda utama di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ini akan dikembangkan guna membantu upaya pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK).

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja sama Saja Bisa Ganggu"

Pernyataan itu sejalan dengan arahan dari Presiden Joko Widodo, yang sudah menyatakan kesiapannya untuk mendukung industri kendaraan listrik terutama pada industri baterainya.

"Pak Presiden menyampaikan, ke depannya kendaraan listrik harus jadi moda utama dan tumpuan transportasi ramah lingkungan di IKN," kata Budi Karya dalam telekonferensi di Forum Road to G20 dengan Himpuni, Selasa 25 Oktober 2022.

Soal Peluang Ajak Jokowi Gabung ke PAN, Zulhas Berkelakar: Pak Jokowi Owner 

Jokowi di acara bertajuk Ibu Kota Nusantara Sejarah Baru Peradaban Baru

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Karenanya, Budi memastikan bahwa pemerintah akan terus berupaya mendorong pembentukan ekosistem kendaraan listrik tersebut. Apalagi, hal itu sejalan dengan isu prioritas yang diusung dalam perhelatan G20, yakni mengenai sustainable energy atau energi berkelanjutan.

Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

Di sisi lain, pemerintah bahkan telah ikut menerbitkan sejumlah aturan pendukung untuk mengimplementasikan hal tersebut, guna mempercepat transisi kendaraan berbahan bakar fosil menjadi kendaraan listrik.

"Termasuk aturan-aturan turunannya yang ada di Kementerian/Lembaga terkait, dalam upaya percepatan implementasi kendaraan listrik tersebut," ujar Budi Karya.

Dalam konteks implementasi tersebut, Menhub menjelaskan bahwa sampai saat ini total jumlah sertifikasi uji tipe kendaraan listrik tercatat sudah mencapai sekitar 31.000 unit kendaraan.

Dia memastikan, pihak Kemenhub juga akan terus melakukan upaya sosialisasi dan kampanye, untuk mendorong konversi motor berbahan dasar fosil menjadi motor listrik berbasis baterai.

"Seperti misalnya angkutan massal perkotaan yang juga telah dikembangkan di beberapa kota, nantinya itu juga akan diperluas yakni di Bandung, Surabaya, itu akan kita berikan skema by service," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya