Gempa Cianjur Buat Jalan Arah Puncak Longsor, PUPR Kirim Alat Berat

Pohon tumbang di Jalan Nasional Cianjur.
Sumber :
  • Dok. Kementerian PUPR

VIVA Bisnis – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan bahwa instansinya langsung terjun ke lapangan saat diketahui ada satu titik jalan nasional Cianjur-Cipanas tertimbun longsor akibat Gempa M 5,6 yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Jalan Nasional tersebut diketahui terputus usai longsoran tanah dari tebing sekitar menutupi seluruh badan jalan.

Sekda Depok Minta Bappeda dan PUPR Benahi Akses Jalan Kampung Bulak Barat yang Putus Kena Banjir

Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja mengatakan sejauh ini berdasarkan pantauan petugas di lapangan ada sejumlah pohon yang tumbang, ditambah tiang-tiang listrik rubuh dan menghalangi jalan. Dan ada satu titik paling parah ada di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat yang jalannya tertutup longsoran tebing.

“Lokasi terdampak paling parah ada di kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, ruas jalan nasional Cianjur-Cipanas-Puncak, yang arah menuju Istana Cipanas,” kata Endra, kepada VIVA Bisnis, Senin 21 November 2022.

Pemerintah Target Perpanjangan Runway Bandara Sinak Papua Selesai 2024

Baca juga: BMKG Catat Sudah Ada 15 Kali Gempa Susulan di Cianjur, Diduga dari Sesar Cimandiri

Untuk itu, kata Endra, pihaknya sedang mobilisasi personil dan alat berat dari lokasi terdekat, dengan jarak sekitar 10 km dari titik lokasi terdampak longsor. Upaya itu untuk pembersihan jalan nasional dari pohon tumbang dan tanah dari  longsoran tebing

Abu Vulkanik Gunung Ruang Bahayakan Kesehatan, BMKG Imbau Warga Pakai Masker

Diharapkan usai dilakukan pemberihan, lalu lintas pada jalan Nasional Puncak-Cipanas-Cianjur dapat kembali normal dan bisa kembali berfungsi seperti biasa.

Bangunan rumah ambruk terdampak gempa magnitudo 5,6 Cianjur

Photo :
  • ist

Sebelumnya, Gempa bumi terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin 21 November 2022 pukul 13.21 WIB. Gempa yang memiliki kekuatan magnitudo 5,6 ini terasa kuat hingga Jakarta. 

Dikutip VIVA dari situs BMKG, gempa terjadi di kedalaman 10 Km. BMKG pastikan tidak ada tsunami akibat gempa tersebut. Sementara, gempa susulan terjadi pada pukul 13.24 WIB dengan kekuatan magnitudo 4,3.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya