Pertamina dan Afiliasi Menangkan Lelang 3 Blok Migas, Ini Daftarnya

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen MIgas) Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Migas mengumumkan pemenang lelang dari tiga wilayah kerja (WK) minyak dan gas bumi atau blok migas. Tiga blok migas itu yakni WK Bunga, WK Peri Mahakam, dan WK Sangkar.

Sejumlah Kontrak Blok Migas Baru Bakal Diteken di IPA Convex 2024

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji menjelaskan, untuk WK Bunga yang berlokasi di lautan Jawa Timur, dimenangkan oleh konsorsium PT Pertamina Hulu Energi dan Posco International Corporation.

Dia menyebut, perkiraan potensi minyak dan gas bumi di Wilayah Kerja Bunga itu mencapai sebesar 1.300 MMBOE.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

"Dengan bonus tanda tangan US$100 ribu dan total komitmen pasti tiga tahun pertama masa eksplorasi sebesar US$4 juta," kata Tutuka dalam telekonfrensi, Rabu, 22 Februari 2023.

Ilustrasi blok migas.

Photo :
  • dokumentasi pertamina
Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

Pemenang lelang berikutnya yakni untuk WK Peri Mahakam, adalah konsorsium PT Pertamina Hulu Energi dan Eni Indonesia Limited. WK yang terletak di laut dan daratan wilayah Kalimantan Timur itu, berada di area seluas 7.414 km dengan potensi sumber daya migas mencapai 1.300 MMBOE.

"Dengan bonus tanda tangan US$50 ribu dan komitmen pasti tiga tahun pertama masa eksplorasi US$7,2 juta," ujar Tutuka. 

Kemudian, lelang untuk WK Sangkar yang lokasinya terletak di lautan dan daratan di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, dimenangkan oleh PT Saka Eksplorasi Timur. Dengan luas area WK Sangkar yang sebesar 8.122 km2, diperkirakan potensi sumber daya minyak bumi yang terkandung di dalamnya mencapai 130 juta barel oil dan gas bumi 300 BCF.

"Dengan bonus tanda tangan untuk WK ini yakni sebesar US$50 ribu dan komitmen pasti US$3 juta," kata Tutuka.

"Dengan penetapan pemenang lelang ini, total keseluruhan komitmen pasti tiga tahun pertama masa eksplorasi dari ketiga wilayah tersebut adalah US$14,2 juta,  dan total bonus tanda tangan yakni sebesar US$200 ribu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya