Kementerian PUPR Nilai Sektor Properti Kebal dari Resesi

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi/properti.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA Bisnis – Di tengah keadaan dunia yang mulai memasuki tahun resesi, Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) justru menyebut bahwa sektor properti tidak akan terkena dampak dari resesi global. Hal itu sejalan dengan minat masyarakat terhadap perumahan yang terus meningkat pada 2020 lalu, meski Indonesia berada dalam kondisi pandemi.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

"Meski pertumbuhan ekonomi Indonesia masih 5 persen, dan kalau dilihat sektor properti yang paling berat pun di masa pandemi, namun (sektor properti) masih bertumbuh positif," ujar Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Perumahan Fitrah Nur, dalam webinar bertema Pasar Properti Tetap Berjaya di Tahun Resesi, melalui Zoom Meeting, pada Rabu, 1 Maret 2023.

Selain itu, Fitrah menambahkan bahwa sektor properti merupakan industri yang paling kokoh untuk bertahan dalam kondisi apapun. Terlebih, saat ini generasi muda sudah paham akan investasi properti dan menjadi kebutuhan primer.

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Ilustrasi properti dekat LRT.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

"Hal ini memperlihatkan bahwa apapun kondisinya, perumahan itu perlu. Apalagi, sekarang definisi perumahan bukan lagi konvensional," katanya.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun juga mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan rumah bersubsidi untuk kelompok masyarakat golongan ekonomi rendah, agar memiliki rumah layak huni.

"Rumah bersubsidi dengan bantuan keuangan yang sangat luar biasa, dan tingkat suku bunga yang rendah, memberikan kesempatan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki hunian yang layak," tutur Misbakhun.

Dia juga menambahkan melalui program tersebut, para pengusaha properti ikut terbantu dalam mengembangkan tempat tinggal yang layak.

Ilustrasi pembangunan properti.

Photo :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

"Ini program yang sangat signifikan, mengangkat banyak masyarakat pada situasi standar baru kepemilikan rumah. Terobosan PUPR yang menurut saya luar biasa programnya memberikan standar baru," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya