Jokowi Wanti-wanti Mudik Lewat Jalur Merak Harus Dipersiapkan dengan Baik

Presiden Jokowi pimpin Ratas Mudik Lebaran 2023 dari Pelabuhan Merak
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Bisnis – Presiden Jokowi meminta semua pihak, terutama jajarannya, untuk mensukseskan arus mudik Idul Fitri 2023. Lantaran, ada kenaikan jumlah pemudik yang signifikan, dari 86 juta di 2022, menjadi 123 juta pada 2023 ini. Sehingga, semua harus dipersiapkan dengan baik.

Jokowi Ajak PM Singapura Lee Jadi Pengembang Kawasan Industri Halal di Tiga Daerah RI

"Mengacu pada permasalahan yang terjadi pada arus mudik tahun lalu, utamanya di jalan tol dan juga di Pelabuhan Merak, saya hadir di sini untuk memastikan bahwa persiapan-persiapan design perencanaan itu betul-betul sudah dalam posisi yang siap," ujar Presiden Jokowi, di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Selasa, 11 April 2023.

Jokowi mengingatkan, pemangku kebijakan menyiapkan kapal layak jalan, jumlah kapal yang memadai, keamanan serta kenyamanan pemudik.

Besok, Jokowi Bertemu CEO Microsoft di Istana Negara

Antrean Kendaraan Keluar dari Pelabuhan Merak, Cilegon Banten

Photo :
  • VIVA/ Yandi Deslatama

Dia mengingat, saat terjadi kemacetan panjang, Jalan Cikuasa Atas selalu dijadikan kantung parkir kendaraan sebelum masuk ke Pelabuhan Merak. Presiden tidak ingin hal serupa kembali terulang di pulang kampung 2023 ini.

Kunjungan Terakhir PM Lee, Jokowi Sambut Baik Kerja Sama Pertahanan dengan Singapura

"Kita ingat tahun lalu di Cikuasa Atas, Cikuasa Bawa ada masalah, kemudian kapasitas untuk kapalnya kurang, tapi pada lebaran tahun ini, pada arus mudik tahun ini, kita harapkan semuanya itu tidak terjadi lagi," terangnya.

Karena terjadi kenaikan pemudik mencapai 37 juta orang, maka semua prosedur, strategi hingga tindakan pengambil keputusan selama arus mudik Idul Fitri 1444H harus diperhitungkan dengan matang. Agar tidak merugikan masyarakat yang ingin berlebaran di kampung halaman.

Dermaga Pelabuhan Merak pada H +1 Natal, Senin, 26 Desember 2022, masih dipadati mobil truk mengangkut logistik, barang-barang eloktronika, dan kendaraan sepeda motor untuk menyeberang menuju Bakauheni, Lampung.

Photo :
  • ANTARA/Mansur

Para mudik 2022, proses bongkar muat kapal dirasa lama oleh pemudik. Kemudian menyebabkan kemacetan horor hingga berhari-hari. Presiden tidak ingin hal tersebut terulang kembali.

"Saya ingatkan semuanya yang ingin mudik, hati-hati ada lompatan yang besar jumlah masyarakat yang mudik, artinya ada kenaikan 45 persen. Ini yang semuanya harus dihitung, dikalkulasi, sehingga tadi saya menanyakan secara detail, karena tidak ingin kejadian tahun lalu terjadi pada tahun ini," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya