Mudik Lebaran 2023, Pelindo Gratiskan Biaya Sandar Kapal Pelabuhan Ciwandan dan Panjang

Pelindo.
Sumber :
  • M Yudha P / VIVA.co.id.

VIVA Bisnis – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) menggratiskan biaya sandar kapal di Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Panjang, sebagai insentif bagi semua kapal yang melayani angkutan mudik Lebaran 2023.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono mengatakan, hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah yang meminta kepada pihaknya, untuk membuka kedua pelabuhan tersebut khusus bagi pemudik motor.

"Semua biaya kepelabuhan kita bebaskan, mulai dari jasa tunda, pandu, tambat, dan biaya bongkar muat," kata Arif dalam acara media gathering di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 12 April 2023.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Dia menjelaskan, pembebasan biaya ini berlaku untuk kedua pelabuhan, dengan rute Ciwandan-Panjang maupun dari Panjang ke Ciwandan. "Jadi ini untuk kedua rute itu memang dibebaskan," ujarnya.

Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama
Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Kepabeanan bersama KSOP dan TNI AL

Untuk periode lebaran ini, Pelabuhan Ciwandan bahkan menyediakan lahan parkir seluas 8.000 meter persegi, yang mampu menampung sekitar 800 sepeda motor dan 100 truk.

"Diharapkan dengan berpindahnya layanan sepeda motor ke Ciwandan ini, akan bisa mengurangi kemacetan di Merak," kata Arif.

Petugas Kepolisian Sektor Khusus Pelabuhan (KSKP) Banten di Pelindo II Ciwandan.

Photo :
  • Dokumentasi KSKP Banten

Selain itu, lanjut Arif, Ciwandan juga sudah sangat siap melayani para pemudik, baik dari kondisi infrastruktur yang sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR hingga segala fasilitas yang ada di pelabuhan tersebut.

Untuk fasilitas di pelabuhan, semua akan disediakan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), terutama sarana prasarana tambahan seperti toilet dan tempat istirahat. Sebab, fungsional pelabuhan sudah diberikan secara gratis.

"Kapal Roro khusus motor akan pindah dari Merak ke Ciwandan. Kita siapkan ada fasilitas ruang tunggu, toilet, kantin, dan alat kesehatan yang sudah disiapkan dengan baik. Nah yang sediakan teman-teman dari ASDP," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya