Angkasa Pura I Siapkan 6 Bandara Layani Angkutan Haji 2023

Ilustrasi jemaah haji Indonesia di Bandara Jeddah
Sumber :
  • MCH / Zaky Al Yamani

VIVA Bisnis  – PT Angkasa Pura I (AP I) menyiapkan enam bandara kelolaannya untuk melayani penerbangan Angkutan Udara Jemaah Haji di tahun 2023. Direktur Utama AP I, Faik Fahmi mengatakan, keenam bandara itu nantinya akan jadi bandara embarkasi dan debarkasi, bagi penyelenggaraan ibadah haji tahun ini

Menag Yaqut: Haji 2024 Jadi yang Terbaik Sepanjang Kepemimpinan Presiden Jokowi

"Keenamnya yakni Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok," kata Faik dalam keterangannya, Senin, 22 Mei 2023.

Pelaksanaan embarkasi Angkutan Udara Jemaah Haji tahun 2023 di bandara-bandara AP I, akan dimulai pada 24 Mei hingga 22 Juni 2023. Sementara, pelaksanaan debarkasi akan dimulai pada 4 Juli hingga 3 Agustus 2023.

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Calon penumpang di Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Photo :
  • ANTARA/Indra Setiawan

Rencananya, akan ada sebanyak 102.696 calon jemaah haji yang akan dilayani pada tahun 2023. Jumlah itu mengalami pertumbuhan sebesar 119 persen dibandingkan dengan tahun 2022, yang mencapai 46.881 calon jemaah Haji.

Bandara Internasional RI Dipangkas Jadi 17, InJourney Airports Sambut Positif

Berdasarkan ketetapan dari Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, AP I akan melayani sebanyak 269 kloter. Rinciannya yakni Bandara Adi Soemarmo Solo melayani 95 kloter, Bandara Juanda Surabaya melayani 84 kloter, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar melayani 41 kloter.

Kemudian, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan melayani 20 kloter, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin melayani 17 kloter, serta Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok melayani 12 kloter.

"Angkasa Pura I bersama seluruh instansi dan stakeholder terkait telah berkoordinasi dalam pelayanan penerbangan Angkutan Udara Jemaah Haji di tahun ini, dengan mengedepankan prinsip keselamatan, keamanan, dan pelayanan," kata Faik.

"Kami secara khusus juga memastikan kesiapan infrastruktur bandara pendukung pelayanan Angkutan Udara Jemaah Haji selama proses embarkasi dan debarkasi," ujarnya.

Diketahui, Angkasa Pura I mempersiapkan sebanyak 1.690 personel operasional yang terdiri dari personel Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF), airport security (Avsec), dan personel operasional yang bertugas di area sisi udara.

Dari total 1.690 personel, sebanyak 127 personel Avsec akan bertugas khusus untuk melaksanakan pemeriksaan barang bawaan dan calon jemaah haji di asrama haji. Proses pemeriksaan keamanan yang berlokasi di asrama haji tersebut ditujukan untuk kelancaran dan ketepatan proses keberangkatan calon jemaah haji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya