Pendataan Konsumen Sudah 140 Daerah, Pertamina Bersiap Batasi Pembelian Elpiji 3 Kg?

Stok Persediaan Tabung Gas Elpiji Jelang Ramadan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke  Widyawati melaporkan, pihaknya masih menggenjot upaya mengintegrasikan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), sebagai basis data nasional distribusi LPG (elpiji) 3 Kg.

Perlindungan Konsumen Punya Dampak Positif ke Kinerja Keuangan Bank, Begini Penjelasannya

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Pertamina dalam hal pendistribusian LPG (elpiji) 3 Kg, agar lebih tepat sasaran dan menjangkau kalangan masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Pertamina dalam hal pendistribusian LPG (elpiji) 3 Kg, agar lebih tepat sasaran dan menjangkau kalangan masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Nicke memastikan, sampai saat ini proses peregistrasian data para konsumen elpiji 3 kg itu, totalnya sudah mencakup sekitar 140 kabupaten/kota yang ada di seluruh Indonesia.data peregistrasian para konsumen elpiji 3 kg itu, totalnya sudah mencakup sekitar 140 kabupaten/kota yang ada di seluruh Indonesia.

Mengenal Lebih Dekat City Store Pertama Hyundai

Tabung gas elpiji 3 kg atau tabung melon/Ilustrasi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

"Data (konsumen elpiji) ini baru di-capturing, registrasi, dan kita uji coba kan di beberapa daerah yang saat ini sudah mencapai kurang lebih 140 Kabupaten/Kota," kata Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Rabu, 14 Juni 2023.di-capturing , register, dan kita uji coba kan di beberapa daerah yang saat ini sudah mencapai kurang lebih 140 Kabupaten/Kota," kata Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Rabu, 14 Juni 2023.

XL Axiata Raup Laba Bersih Rp 547 Miliar di Q1-2024

Namun, Nicke menegaskan bahwa dalam hal meregistrasi para pengguna elpiji 3 kg ini, tahapannya hanya untuk meng-capture data saja.

“Tidak berpengaruh terhadap egibilitas (kelayakan) pengguna untuk membeli elpiji, jadi hanya pendataan saja,” ujarnya.

Dia memastikan, upaya ini adalah salah satu langkah mendukung kebijakan pemerintah, dan yang juga diusung oleh Komisi VII DPR RI, untuk kebijakan penyakuran elpiji 3 kg secara lebih tepat sasaran.

“Barangkali ke depannya, tentunya ada kabupaten yang terkendala dengan sinyal dan lain sebagainya, nah itu yang kami siapkan back up plan-nya,” kata Nicke.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati saat rapat dengan pendapat (RDP) dengan komisi VII DPR RI.

Photo :
  • Tangkapan layar.

Dengan mendata seluruh masyarakat yang menjadi konsumen bagi elpiji 3 kg ini, Nicke berharap nantinya Pertamina akan memiliki data mengenai siapa saja dan dari golongan masyarakat mana saja, yang selama ini menggunakan elpiji 3 kg tersebut.

“Jadi intinya, kita capture data dulu, sehingga kita bisa mem-profile customer-nya. Apakah profiling-nya dari sisi UMKM, pengguna rumah tangga, nelayan, dan lain sebagainya. Sehingga kita punya data, dan dari sisi kebijakan nanti ke depan pemerintah juga bisa menentukan kebijakan yang lebih tepat sasaran lagi,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya