Bakal Jadi Calon Wali Kota Depok, Ini Deretan Lini Bisnis Kaesang Pangarep yang Sukses

Kaesang Pangarep
Sumber :
  • Instagram @kaesangp

Jakarta – Nama anak bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep kini tengah menjadi perbincangan. Pasalnya, ia dikabarkan siap untuk menjadi orang nomor satu di kota Depok, Jawa Barat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Maju Pilkada, Sekda Depok Supian Suri Izin ke Wali Kota, Akan Ajukan Cuti

Hal itu, ia sampaikan dalam salah satu unggahan video di kanal YouTube pribadinya. “Saya Kaesang Pangarep, saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya, Insya Allah dengan ini saya siap hadir menjadi Depok pertama, mohon dukungannya. Merdeka!,” ujarnya, yang dilansir VIVA Rabu, 14 Juni 2023.

Kaesang Pangarep

Photo :
  • Tangkapan layar
JK Sebut Kasus Korupsi LNG Eks Dirut Pertamina Karen Murni Bisnis, Ada Untung-Rugi

Sontak banyak netizen yang melayangkan pandang pada suami dari Erina Gudono tersebut, termasuk beberapa lini bisnis miliknya yang cukup banyak dan sukses. Berikut 9 lini bisnis atau usaha milik Kaesang:

Sang Pisang

Bukan Cuma Sekali, Ini Sederet Kontroversi Bisnis Ustaz Yusuf Mansur

Bisnis pertama dari bidang kuliner, yaitu Sang Pisang yang ia dirikan beberapa tahun silam. Sang Pisang menjajakan dessert atau jajanan manis berbahan baku pisang yang diolah menjadi nugget. Dengan berbagai pilihan toping. Gerai pertamanya dibuka pada November 2017 dan kini telah ekspansi ke lebih dari 50 titik di seluruh Indonesia bahkan hingga negara tetangga, Malaysia. 

Markobar

Salah satu bisnis Kaesang yang paling populer adalah Markobar yang menjual makanan martabak atau terang bulan. Nama Markobar sendiri berasal dari singkatan Martabak Kota Barat yang telah eksis sejak 1996. 

Chili Pari

Usaha yang kedua masih di bidang kuliner yang ia dirikan bersama sang kakak Gibran Rakabuming Raka yang kini telah menjadi Walikota Solo.

Chili Pari memulai bisnis pertamanya pada Desember 2010 lalu, yang berfokus pada menyediakan layanan katering untuk berbagai acara. Menu masakan yang disajikan berfokus pada resep makanan tradisional Jawa.

Mangkokku

Usaha ini adalah hasil kolaborasi Kaesang dengan celebrity chef terkenal di Indonesia, Arnold Poernomo. Mangkokku menjual produk makanan berkemasan mangkok  atau rice bowl. Menu unggulannya adalah nasi dengan berbagai macam lauk pauk bercita rasa Nusantara.

Gerai Mangkokku kini sudah tersebar di banyak kota di Indonesia, termasuk gerainya yang cukup popular di Mall Sarinah.

iColour

Selain bisnis kuliner, usaha Kaesang juga berekspens ke gadget. iColor adalah usaha yang menjual jasa perbaikan (service) produk buatan Apple, seperti Macbook, iPhone, iMac, iPad dan lainnya. Selain itu, usaha yang telah beroperasi sejak 2010 itu juga menjual suku cadang barang elektroniknya. 

Sang Javas

Sebelum mendirikan Sang Pisang, Kaesang lebih dulu membangun bisnis Sang Javas pada Agustus 2017. Usaha ini bergerak di bidang produksi kaos dengan produk kaos bergambar karikatur.

Madhang
Masih dalam bisnis aplikasi, Madhang adalah aplikasi yang ditujukan untuk ibu-ibu yang bisa memasak agar dapat berhubungan dengan pembeli.

Aplikasi ini dibuat untuk membantu para ibu rumah tangga bisa mandiri secara finansial.

Saham di Persis Solo

Pria berusia 27 tersebut juga memiliki 40 persen saham Club sepak bola PERSIS Solo, sekaligus menjadi direktur utama klub sepak bola tersebut.

TernaKopi

Sesuai dengan namanya, bisnis Kaesang Pangarep berikut fokus dengan menjajakan minuman kekinian berbahan dasar kopi. Bersama dengan putra sulung Presiden Jokowi, yaitu Gibran, ia merilis TernaKopi pada April 2019. 

Direktur Utama Persis Solo, Kaesang Pangarep.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Tugas Negara Bos

Tak hanya Sang Javas, pria yang lulus dari Singapore University of Social Sciences itu juga membuka usaha konveksi yang berkonsentrasi pada produksi jas hujan dan kaos. Bisnis sampingan yang mulai digarap pada 2017 bersama teman-temannya itu, diberi nama Tugas Negara Bos. 

Siapmas

Sejak Agustus 2019, Kaesang melebarkan usahanya dengan membangun usaha pembuatan makanan ringan. Makanan dan minuman ringan yang ditawarkan hadir dengan merek Kemripik, Ngedrink, serta Pik Kripik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya